Bupati Serukan Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup

495

KOTAAGUNG-Pembangunan yang dilaksanakan baik itu pembangunan ekonomi, fisik serta yang lainnya harus berjalanan beriringan dengan upaya untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup. 

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani saat menghadiri kegiatan Konservasi, bersih Way Lalaan dan penanaman pohon, di Wisata Air Terjun Way Lalaan, Kamis (18/10). Menurut Bupati kegiatan yang dilaksanakan saat ini seiring dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang mana pembangunan yang dilaksanakan oleh berbagai pihak, tida mengkesampingkan dan melupakan upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. 

“Termasuk wisata Way Lalaan ini, kendati saat ini telah hijau, kita harus lebih meningkatkan lagi bentuk komitmen kita untuk menjaga kelestarian lingkungan karena inilah yang akan kita wariskan kepada anak anak generasi penerus kita nanti,”kata Bupati.

Berkaitan dengan wisata lanjutnya, Way Lalaan merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Tanggamus, dan hendaknya menurut Bupati tidak cepat berpuas diri atas capaian tersebut, tetapi justru ini menjadi pemicu bagi pihak-pihak terkait bagaimana wisata di Tanggamus ini menjadi destinasi wisata unggulan di Lampung dan di Indonesia.

“Untuk itu saya sampaikan, masing-masing OPD harus miliki keunggulan, dan saya ingin melihat inovasi dan kreasi, karena saya tidak mau program saat ini hanya copy paste dengan program tahun lalu, harus ada sesuatu yang berbeda dan terobosan seperti di Pariwisata apa program dan terobosannya kedepan,”ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Retno Noviana Damayanti, menerangkan. Giat konservasi, bersih sungai, dan penanaman pohon ini bekerjasama dengan PT Tirta Investama AQUA  Tanggamus, yang mana menurutnya dalam kegiatan ini ada 200 pohon jenis bambu dan pohon mangga, kelengkeng serta jambu jamaica yang akan ditanam disekitar area Wisata Air terjun Way Lalaan.

“Selain penanaman pohon, ada kegiatan bersih aliran Way Lalaan, yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup,  BPBD, dan Kodim 0424 Tanggamus yang tujuanya untuk mengurangi resiko bencana, dengan harapan pada saat wisatawan datang dan ingin mandi tidak fokus ke titik air terjun tetapi bisa disekitar Way Lalaan yang telah kita bersihkan,”tandasnya. 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Lampung Joko Santoso, Kasdim 0424 Tanggamus Mayor Inf Suhada Erwin, Pj. Sekretaris Daerah Drs. Hamid H. Lubis, Corporate Communications PT. Tirta Investama AQUA Tanggamus Michael Limena, Kepala Dinas LH Syamdjuniston, Sekretaris BPBD Ns. Maryani (iqb) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here