Dua Rumah di Pekon Ampai Tertimbun Longsor

1216

LIMAU–Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Limau sejak sore hingga malam pada Jumat (12/10) menyebabkan longsor di Pekon Ampai, selain menutup jalan, material longsor juga menimbun dua rumah warga di Dusun Lubuk Kuyung Pekon Ampai.

Material longsor terdiri dari pepohonan dan tanah yang menutup ruas jalan menuju Pekon Pariaman atau arah ke Kabupaten Pringsewu maupun sebaliknya.

Tidak hanya itu akibat hujan deras dan petir mengakibatkan jaringan telekomunikasi juga mati di sejumlah pekon Kecamatan Limau diduga tower tersambar petir.

Kepala Bidang Kedaruratan, Adi Nugroho mewakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus Romas Yadi mengatakan, dua rumah yang tertimbun material longsor yakni milik Sunandar Junaidi dan Purwanto.

“Dua rumah itu mengalami kerusakan yakni dinding kamar dan dapur jebol. Kebetulan rumah mereka berada dilereng bukit,” kata Adi kepada Radar Tanggamus saat dihubungi melalui telepon selulernya,Sabtu siang (13/10).

Dilanjutkan Adi, bahwa aparat gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD dan masyarakat berjibaku membersihkan material longsor. “Berdasarkan info longsor terjadi subuh, sekitar pukul 05.00 WIB, tidak ada korban dari peristiwa itu, hanya saja akses jalan sempat lumpuh sekitar tiga jam, namun berkat kesigapan aparat TNI/Polri dan masyarakat, jalan siang sudah bisa dilalui,” terang Adi.

Ia juga mengatakan bahwa, potensi longsor di wilayah Pekon Ampai kemungkinan masih bisa terjadi kembali untuk itu ia mengimbau masyarakat waspada. “Kita sudah imbau masyarakat, khususnya yang rumahnya dilereng bukit, apabila malam ini hujan deras turun segera mengungsi ketempat aman,” pungkas Adi. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here