Pendaftar CPNS Pringsewu Diprediksi Capai 10.000

296

PRINGSEWU – Tim Badan Kepegawaian Negara (BKN) mensurvei lokasi tes CPNS Zona III yang terletak di SMA Yadika Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Kamis (11/10) siang 

Tim yang dipimpin oleh Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta, Istati Atidah bersama jajarannya didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Pringsewu Dawam Raharjo dan Kepala BKPSDM Tanggamus Nur Indrati.

Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta Istati Atidah mengatakan lokasi yang disurvei tersebut diperuntukkan bagi peserta tes CPNS Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu berada di aula lantai empat gedung SMA Yadika.

“Kalau lokasi tes di Yadika sudah sesuai kriteria memadai. Apalagi kapasitas aulanya bisa untuk 300 peserta, cadangan 10 persen berarti 30, bisa jadi 330,” ungkapnya kepada Radar Tanggamus disela – sela kunjungannya. 

Menurut dia, ini kan sudah terlihat pelamarnya diperkirakan 10.000 untuk Kabupaten Pringsewu dan 6000 di kabupaten Tanggamus.

“Jadi, estimasi pelamar CPNS yang akan mengikuti tes di Zona III sekitar 16 ribu. Di sini (Yadika’red) sudah memadai, untuk ruangan sudah memadai, tempat untuk peserta nunggu dan untuk (lokasi) parkir luar biasa,” kata Istati Atidah.

Lanjut Istati, Keberadaan kantin ini juga mendukung karena masyarakat nantinya banyak yang menunggu. Selain itu juga fasilitas ruang tunggu sudah ada, termasuk ruangan untuk pejabat seperti DPR yang ingin melihat sudah ada ruangannya.

“Jadi, sangat terbuka sekali secara publik siapa saja boleh melihatnya Tes CPNS. Karena, ini membuktikan kepada masyarakat bahwa pemerintah sangat serius menanggani CPNS ini. Tidak ada lagi titipan. Kalau ada yang mengatakan bisa ada titipan itu bohong besar atau dengan uang sekian tidak benar. Jadi, betul betul nilai itu langsung dari link pusat,” ujarnya.

Selain tes kompetensi dasar (TKD) dijelaskan Istati, nantinya ada Tes Kemampuan Bidang (TKB) dimasing masing kelulusannya. 

 “Jadi, tidak hanya tes dasar seperti wawasaan kebangsaan , IQ, intelijen umum dan tes kepribadian saja. Tapi, tes  bidang artinya kompetensi yang bersangkutan dengan kualifikasi bidangnya. Sudah diwajibkan dua kali tes yakni TKD dan TKB. mudah – mudahan menghasilkan generasi muda yang sangat diharapkan oleh kita pintar cerdas, dan berkepribadian baik,”harapnya.

Dikatakaan Istati, kerjasama antara Bupati Pringsewu dengan Kepala BKN untuk pelaksanaan tes CPNS ini sudah ditandatangani.

“Setelah survei ini, kita akan melanjutkan informasinya ke BKN. Selanjutnya, persiapan berkaitan yang duluar ruangan tes menjadi tanggungjawab instansi di daerah. Kemudian, berkaitan dengan perangkat komputer dan LAN menjadi tanggungjawab BKN. Namun untuk segala macam seperti AC dan keamanan tanggungjawab daerah disini,”terang dia.

Kepala BKPSDM Tanggamus, Nur Indrati mengatakan tempat pelaksanaan tes CPNS Tahun 2018 di Lampung sudah ditentukan terbagi tiga zona yakni 
Bandar Lampung, Pringsewu dan Metro.

“Karena dibagi tiga zona ini maka kita pilih gabung yang lebih dekat saja di Pringsewu ini. Kalau kouto CPNS kita dapat 263 orang dengan jumlah pelamar CPNS di Tanggamus sampai hari ini kemungkinan sudah sekitar 3000 orang,”singkatnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Pringsewu, M. Dawam Raharjo mengatakan untuk tes CPNS zona III diwilayah kabupaten Pringsewu rencana dimulai tanggal 26 Oktober 2018 mendatang.
“Kalau rencana mulai tes CPNS Tanggal 26 Oktober selama 15 hari. Jadi, yang tes CPNS Kabupaten Tanggamus dahulu setelah selesai baru tes CPNS Pringsewu,” kata dia.

Ditambahkan M. Dawam, bahwa  pendaftaran CPNS masih belum selesai batas akhir sampai dengan tanggal 15 Oktober 2018 mendatang.

“Jadi, memungkinkan masih banyak pendaftar yang akan masuk ke Pringsewu termasuk paling favorit diminati. Bahkan, sampai hari ini pendaftar sudah mencapai 5745 pelamar,” jelasnya

Untuk diketahui Kabupaten Pringsewu mendapat alokasi penerimaan Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) tahun 2018 sebanyak 381 orang. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here