Drainase di Kotaagung Dipenuhi Sampah

83

KOTAAGUNG – Meski sudah memasuki musim pancaroba, namun saat ini sejumlah drainase di wilayah Kecamatan Kotaagung masih dipenuhi sampah.

Seperti halnya drainase yang berada di Jalan Merdeka, Kelurahan Pasarmadang. Drainase di ruas jalan menuju Terminal Kotaagung itu banyak dipenuhi sampah. Bahkan tumpukan sampah menyumbat gorong-gorong yang berada di depan Terminal Kotaagung.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terlihat di drainase Jalan Samudera Kotaagung. Tampak drainase dipenuhi sampah organik maupun anorganik.

Kemudian drainase di Jalan Harapan juga tampak sama, dipenuhi sampah berbahan plastik. Begitu juga dengan kondisi drainase yang ada di Kelurahan Kuripan.

Kondisi drainase yang dipenuhi sampah tersebut jadi pemicu terjadinya banjir. Terlebih saat terjadi hujan deras. Sampah yang menumpuk menyumbat saluran drainase sehingga menyebabkan air disaluran drainase meluap ke badan jalan hingga pekarangan rumah warga.

Salah seorang warga yang tengah kedapatan membuang sampah di saluran air dan enggan menyebutkan namanya mengaku, sudah sering membuang sampah ke saluran drainase, bahkan jadi sudah menjadi hal biasa. Hal itu terpaksa dilakukan lantaran halaman rumahnya sempit dan tidak ada tempat untuk membuang sampah.

“Ya, memang salah sih kalau buang sampah ke saluran air, tapi mau gimana lagi, karena dirumah saya tidak ada halaman untuk membuang atau membakar sampah, ” ujar warga yang tinggal disekitar Pasar Kotaagung itu.

Menurutnya, saat ini di sekitar tempat tinggalnya belum ada petugas sokli yang mengangkut sampah dari rumah-rumah warga, sehingga perlu dibentuk sokli agar warga bisa lebih mudah dalam membuang sampah.

“Kalau ada petugas sokli kan enak, jadi sampah bisa tinggal ditaruh saja didepan rumah, nanti diangkut sama petugas sokli, kita tinggal bayar. Jadi gak perlu lagi buang sampah ke saluran air, ” ungkapnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here