Wabup: Bersih Desa Memupuk Tali Silaturahmi dan Gotong Royong

36

KOTAAGUNG-Kegiatan bersih desa/pekon tidak hanya sebagai sarana untuk saling merekatkan hubungan antar warga, tetapi juga untuk terus menumbuhkan jiwa sosial dan semangat gotong-royong.

Hal ini disampaikan wakil bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafii saat menghadiri kegiatan bersih desa serta peresmian balai Pekon Batu Keramat, Senin (8/10). Menurut Syafii semangat kebersamaan serta tradisi bersih pekon yang telah kesekian kalinya dilaksanakan ini, merupakan momentum silaturahmi serta ajang doa bersama untuk memohon kepada allah SWT untuk keselamatan warga Pekon Batu Keramat serta pemerintah pekon setempat.

“Harapannya juga mendoakan Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini, baik itu pemerintahan, masyarakatnya diberikan kemudahan dan kesehatan serta kelancaran dalam menjalankan tugas dan kewajiban, sehingga apa yang menjadi cita-cita kita bersama dapat kita wujudkan,”kata wabup, Senin (8/10).

Syafii menambahkan, kegiatan serupa sejatinya hampir dilaksanakan di pekon lainnya di Tanggamus, tetapi mungkin istilah dan nama kegiatan ada yang berbeda. Hal itu menurut Wabup tidaklah menjadi persoalan yang terpenting tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi serta mendoakan yang terbaik untuk pekon dan masyarakat serta Kabupaten Tanggamus.

“Diharapkan, kegiatan bersih desa ini tak hanya dijadikan sebagai bentuk kegiatan saja namun ini akan menjadi suatu budaya yg akan terus mengakar dalam masyarakat kita,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Batu Keramat. Masranto menerangkan bahwa kegiatan bersih pekon telah menjadi tradisi dan dilaksanakan setiap bulan Muharam, melibatkan seluruh masyarakat setempat tanpa membedakan agama serta suku semua satu tujuan untuk mendoakan yang terbaik bagi pekon Batu Keramat, serta pembangunam yang ada di pekon tersebut juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Bersih-bersih pekonnya, telah kita laksanakan sejak tanggal 1 Muharaam kemarin, lalu kita tutup kegiatan ini diakhir bulan muharam sekaligus doa bersama, selain dari kegiatan bersih pekon kita juga meresmikan balai pekon, dan bulan depan pelayanan kepada masyarakat telah terpusat di balai pekon,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here