Sosialisasi Program PTSL Lewat Wayang Kulit

239

Caption : Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ir. H. Endro Suswantoro Yahman, menyerahkan Wayang Abimanyu kepada Ki Dalang Andi Cahyono

PRINGSEWU – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah program sertifikasi dalam memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara adil dan merata, serta mendorong pertumbuhan ekonomi negara pada umumnya dan ekonomi rakyat khususnya dikabupaten Pringsewu.

Hal ini sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Anggota DPR RI diantaranya melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program-program pemerintah salah satunya program PTSL.

“Untuk itu saya terus menghimpun masukan dalam rangka memberikan masukan kepada pemerintah untuk perbaikan dari program-program tersebut kedepan. Sehingga pada acara wayang kulit ini sekaligus saya memberikan Sosialisasi dan Pengawasan Pelaksanaan PTSL kepada masyarakat disini. ,”Ungkap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ir. H. Endro Suswantoro Yahman, M.Sc mewakili keluarga besar Sugiono yang menggelar wayang kulit semalam suntuk dalam rangka memperingati 1 Muharam 1440 Hijiriah di pekon Gadingrejo Timur, Rabu (3/10/2018) malam.

Selain itu lanjut Endro, bahwa dasar PTSL sesuai Undang Undang RI Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Pokok Agraria dan UU No 11 Tahun 2008 tentang lnformasi dan Transaksi elektronik. Untuk tahapan PTSL ditingkat BPN diantara persiapan (Sosialisasi, Penetapan Lokasi, Perencanaan Tenaga Dan Pembentukan Panitia Ajudikasi Percepatan, Pelatihan), Penyuluhan; Pengumpulan Data Yuridis, Pengolahan Data Yuridis dan Pembuktian Hak.
“Kemudian tahapan PTSL ditingkat masyarakat diantaranya persiapan musyawarah Pekon atau Kelurahan, pembentukan Pokmas, pengumpulan data fisik dan data yuridis, pengolahan data fisik dan data yuridis dan pembuktian Hak, pemeriksaan tanah, pengolahan data, dan pengajuan peserta PTSL oleh Pokmas,”ucapnya.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk
Ki Dalang Andi Cahyono dengan lakon Wahyu Eko Jati yang dihadiri ratusan warga pekon Gadingrejo Timur. Tampak hadir juga pada kesempatan tersebut,
Kepala Badan Pemenangan Pemilu Daerah PDI Provinsi Lampung, Nopi Juansyah,ST. kepala pekon Gadingrejo Timur, Mirat, mantan kepala pekon Gadingrejo, Prastowo, tokoh masyarakat dan jajaran Polsek Gadingrejo. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here