Cegah Penyebaran DBD, Warga Minta Dinas Kesehatan Lakukan Fogging

77
ILustrasi Net

WONOSOBO – Warga di dua pekon yakni Pekon Balak dan Pekon Soponyono, Kecamatan Wonosobo, resah. Pasalnya, belakangan ini ada beberapa warga yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kami berharap instansi terkait segera melakukan fogging di pekon kami, karena akhir-akhir ini banyak ditemukan nyamuk DBD, ” kata Ihsan, salah seorang warga Pekon Balak.

Senada dikatakan, Sandi, warga Pekon Soponyono. Ia mengatakan, kasus DBD yang  menimpa salah seorang warga Pekon Soponyono beberapa waktu lalu membuat warga resah. Menurutnya, perlu ada tindakan fogging (pengasapan) dari instansi terkait untuk mencegah penyebaran virus DBD.

“Belum dilakukan fogging. Padahal fogging itu sangat perlu, untuk mencegah penyebaran virus DBD, ” ujarnya.

Ia mengaku, belakangan ini warga sering menemukan nyamuk DBD, dengan ciri bergaris putih hitam. Padahal warga sudah berupaya untuk mencegah wabah nyamuk tersebut yakni dengan cara menerapkan pola bersih hidup sehat (PHBS) dan menerapkan 3M yakni menguras, menutup dan mengubur.

“Kita sudah terapkan yang disuruh pemerintah yakni PHBS dan 3M, tapi nyamuk DBD ini tetap ada, ” kata Sandi.

Cuaca yang tak menentu seperti saat ini, lanjut dia, perkembangbiakan nyamuk memang semakin cepat. Terlebih di Pekon Soponyono, khususnya disekitar Pasar Wonosobo masih banyak sampah yang berserakan dan genangan air sehingga dapat memicu perkembangbiakan nyamuk disekitar wilayah tersebut.

“Untuk itu, kami berharap agar instansi terkait bisa segera melakukan fogging. Jangan sampai kasus DBD ini bertambah banyak, apalagi sampai ada korban jiwa, kemudian baru diambil tindakan fogging,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota DPRD Tanggamus Buyung Zainuddin juga meminta Dinas Kesehatan untuk turut aktif dalam mengantisipasi cuaca yang tak menentu saat ini , yakni dengan melakukan penyuluhan kebersihan, melakukan fogging dan sebagainya guna mencegah wabah DBD.

“Saat ini diwilayah Wonosobo memang cukup banyak nyamuk sehingga ini wajib kita antisipasi, ” kata Buyung.

“Saya juga sudah terima laporan bahwa ada warga di Pekon Soponyono dan Pekon Balak yang dirawat di RSUD Batin Mangunang karena terserang penyakit DBD. Untuk itu, saya minta agar Dinas Kesehatan cepat tanggap dalam menangani masalah ini, salah satunya dengan melakukan fogging untuk mencegah penyebaran nyamuk DBD, ” tambahnya. (uji)¬†

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here