Tingkatkan Perekonomian Warga, Pekon Sukajaya Realisasikan Pembangunan Infrastruktur

532

SEMAKA—Pemerintah Pekon Sukajaya, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, pada tahun ini mendapatkan kucuran Dana Desa sebesar Rp 900 juta lebih. Dana tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga di pekon setempat, melalui peningkatan pembangunan infrastruktur.

Adapun peningkatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Pekon Sukajaya meliputi pembangunan jalan rabat beton, pengkrokosan jalan, drainase dan talud penahan tanah.

Untuk lokasi pembangunannya tersebar di tiga dusun yang ada di pekon setempat. Dengan rincian, di Dusun I dilaksanakan tiga item pembangunan infrastruktur yakni pembangunan jalan rabat beton sepanjang 202 meter, pengkrokosan jalan sepanjang 700 meter dan drainase sepanjang 150 meter. Kemudian di Dusun II dilaksanakan pembangunan talud sepanjang 570 meter. Sedangkan di Dusun III dilaksanakan pembangunan drainase sepanjang 650 meter.

“Seluruh pembangunan infrastruktur, kecuali talud sudah selesai dikerjakan, menggunakan dana desa Tahap I dan II Tahun 2018. Sementara, untuk pembangunan talud akan direalisasikan menggunakan dana desa tahap III, ” kata Kepala Pekon Sukajaya Abdul Karim.

Karim – sapaan akrabnya- menambahkan, selain digunakan untuk merealisasikan empat item infrastruktur, Dana Desa juga dimanfaatkan untuk pembangunan jambanisasi bagi 40 Kepala Keluarga (KK) yang ada di pekon setempat.

“Pembangunan jamban ini dilakukan supaya di pekon kita ini bisa terbebas dari masalah buang air besar sembarangan (BABS), ” ujar Karim.

Kemudian, lanjut Karim, dana desa juga dimanfaatkan untuk bidang pemberdayaan dan pembinaan diantaranya seperti, PKK, BHP, LPM, guru ngaji, kaum, pengurus TPU, Posyandu, dan sanggar tari.

“Bukan hanya itu saja, dana desa juga kita manfaatkan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yakni depot isi ulang air minum,” terangnya.

Ia mengaku, seluruh program pembangunan dana desa tersebut dipilih berdasarkan hasil musyawarah dengan warga dipekon setempat. “Ya, semua pembangunan ini sesuai dengan keinginan masyarakat. Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan dana desa ini perekonomian dan kesejahteraan warga dipekon setempat bisa lebih meningkat,” ungkapnya. (adv) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here