Pemerataan Pembangunan Menuju Pekon Sedayu Maju dan Sejahtera

156

SEMAKA – Pemerataan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat menjadi komitmen Kepala Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka Muchlis.

Bersama jajaran aparatur pekon serta masyarakat, komitmen itu secara perlahan tapi pasti akan terwujud selama memimpin Pekon Sedayu.

Muchlis akan terus berupaya mewujudkan harapannya meningkatkan pelayanan dan pemerataan pembangunan di segala bidang agar Pekon Sedayu maju dan sejahtera dengan memanfaatkan sebaik-baiknya program pemerintah pusat yang menggelontorkan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) setiap tahunnya.

Pekon Sedayu yang terbagi menjadi tiga dusun pada tahun ini menerima Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah dan bantuan provinsi dengan total dana sebesar Rp1.068.864.754. Kucuran dana tersebut terserap untuk dua bidang program kerja, yakni bidang pembangunan pekon dan bidang pemberdayaan.

Untuk bidang pembangunan, Pemerintah Pekon Sedayu menganggarkannya sebesar Rp692.939.865, meliputi pembangunan balai rakyat, gedung PAUD dan pembukaan sekaligus penimbunan serta penalutan badan jalan usaha tani.

Sementara sisanya yakni, Rp375.924.889 dimaksimalkan untuk bidang pemberdayaan yakni pemberdayaan BHP, guru ngaji, guru PAUD, kader posyandu, bidang olahraga, bidang kesenian seperti pelestarian wayang kulit dan lain sebagainya.

“Untuk pembangunan infrastruktur fisiknya kita lakukan secara merata disetiap dusun, agar seluruh masyarakat bisa menikmati hasil dari pembangunan dana desa ini, ” ujar Sekretaris Pekon Sedayu Gandi Sufianto mewakili Kepala Pekon Muchlis.

Adapun lokasi pembangunan infrastruktur fisik tersebut, Gandi menjelaskan, untuk pembangunan balai rakyat dengan ukuran 14×20 meter berlokasi di Dusun I. Kemudian pembukaan sekaligus penimbunan dan penalutan badan jalan usaha tani sepanjang 100 meter berlokasi di Dusun II. Sedangkan untuk gedung PAUD berukuran 6×9 meter berlokasi di Dusun III.

“Nantinya Balai rakyat ini juga selain kita fungsikan untuk tempat posyandu, juga akan difungsikan sebagai tempat untuk kantor pekon. Hal itu dilakukan supaya pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal,” ungkapnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here