Pembangunan Jembatan Banjarnegara Capai 60 Persen

284

WONOSOBO—Pembangunan jembatan penghubung Pekon Banjarnegara, Kecamatan Wonosobo dan Pekon Kanoman, Kecamatan Semaka saat ini sudah masuk dalam tahapan pemasanganan rangka baja.

Pantauan Radar Tanggamus, pemasangan rangka baja jembatan penghubung antar kecamatan itu sudah dilakukan oleh pekerja, dimulai dari Pekon Banjarnegoro. Sebagian rangka jembatan tampak sudah terpasang.

Heru, seorang pekerja menuturkan, pemasangan rangka baja ini dilakukan setelah seluruh pendukung bangunan jembatan seperti halnya oprit, penyangga jembatan dan bronjong selesai dilakukan.

“Pembangunan pendukung bangunan jembatan sudah selesai. Sekarang rangka-rangka jembatan juga sudah mulai dipasang, jadi bentuk jembatan sudah mulai terlihat” katanya, Kamis (30/9).

Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi mengatakan, pekerjaan pembangunan jembatan Banjarnegara-Kanoman diatas aliran sungai Way Semaka itu bakal dilakukan sepanjang 60-70 meter menggunakan rangka baja. Adapun dana pembangunan bersumber dari APBD Tanggamus Tahun 2018, dengan menghabiskan dana sebesar Rp 15 miliar.

“Progres pembangunan jembatan saat ini sudah mencapai 60 persen, dan ditarget selesai pada akhir tahun ini, ” kata Riswanda.

Menurutnya Riswanda, pembangunan jembatan rangka baja ini menggantikan jembatan gantung yang sebelumnya sempat menelan korban, karena kondisinya yang sudah rusak parah.

Adapun pembangunan jembatan ini, lanjut dia, bertujuan untuk memperlancar transportasi warga, baik dari Kecamatan Wonosobo maupun Semaka, sekaligus untuk mendorong perekonomian warga sekitar.

“Jembatan ini juga diprediksi bakal jadi jalur alternatif yang digunakan masyarakat untuk menuju daerah Pesisir Barat atau Liwa. Dan bisa jadi jalur ini akan lebih ramai dari jalur lintas barat, ” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat yang akrab disapa Eneng mengaku, bersyukur dengan direalisasikannya pembangunan jembatan Banjarnegara-Kanoman. Karena selain bisa memperlancar akses transportasi, adanya jembatan tersebut juga bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Ya, alhamdulillah jembatan ini jadi dibangun pemerintah. Dengan begitu maka lalulintas disini akan semakin ramai, dan tentunya bisa kami manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya dengan membuka peluang usaha, contohnya seperti berniaga, ” ungkapnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here