Pekon Waykerap Bangun TPT Sepanjang 1.044 Meter

200

SEMAKA-Geliat pembangunan ditingkat pekon dalam tiga tahun belakangan ini tampak bergairah, termasuk pembangunan di bidang infrastruktur. Seiring dengan dikucurkannya dana desa, mereka berlomba-lomba untuk membangun pekon. Satu di antaranya adalah Pekon Waykerap, Kecamatan Semaka.

Dana desa Tahun 2018 yang dialokasikan untuk Pekon Waykerap difokuskan untuk tiga item pembangunan, yakni pembangunan jalan rabat beton, Talud Penahan Tanah (TPT) dan drainase.

Tim Pelaksana Kegiatan Pekon Waykerap, Mat Nazer mengatakan, dipilihnya ketiga item pembangunan tersebut berdasarkan hasil musyawarah antara pemerintah pekon dengan masyarakat setempat.”Dalam  musyawarah itu masyarakat sepakat bahwa pada tahun ini dana desa di fokuskan untuk pembangunan tersebut,” katanya.

Untuk pelaksanaannya, lanjut dia, dilaksanakan di beberapa titik tersebar di empat dusun pekon setempat. Dimana untuk pembangunan TPT akan dilaksanakan sepanjang 1.044 meter. Sedangkan drainase direalisasikan sepanjang 400 meter. Sementara jalan Rabat beton akan dilaksanakan sepanjang 464 meter.” Untuk talud dan drainase masih dalam tahap pengerjaan. Sedangkan rabat beton akan di laksanakan tahap tiga nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Waykerap, Hapizi
bersyukur dengan kucuran dana desa ini, dimana geliat pembangunan jadi semakin cepat. Terlebih, para pekerja seluruhnya melibatkan masyarakat setempat.”Dengan dilibatkannya masyarakat setempat dalam pelaksanaan pembangunan ini, tentu sangat berdampak positif untuk mengurangi angka pengangguran. Termasuk, masyarakat setempat yang membangun merasa memiliki karena manfaat dari pembangunan adalah untuk masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, selain untuk pembangunan infrastruktur, dana desa dipekon setempat juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan, yakni seperti Karang Taruna, Perangkat Desa, Kesehatan Lingkungan, Kader Posyandu dan PKK, operasional perkantoran, dan lain-lain.” Dana tersebut benar-benar kami manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan pada tahun selanjutnya akan lebih besar lagi dan peningkatan pembangunan akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebagai pelayan masyarakat, dirinya  berkomitmen untuk terus membangun pekon lebih baik dan berkembang.”Musyawarah dan mufakat menjadi modal bersama untuk menata pembangunan menjadi lebih baik,”pungkasnya.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here