Pekon Sukaraja Realisasikan Pembangunan Talud Sepanjang 1.728 Meter

96

SEMAKA – Pemerintah Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, tahun ini mendapatkan gelontoran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp1,1 miliar.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk merealisasikan sejumlah pembangunan infrastruktur, salah satunya seperti talud penahan tanah (TPT).

Pembangunan TPT yang tersebar di dua titik lokasi yakni di Dusun Sukaraja Barat dan Dusun Mojorotodua itu dilakukan sepanjang 1.728 meter, menggunakan anggaran Dana Desa tahap I dan II tahun 2018. Dengan rincian, di Dusun Sukaraja Barat dilaksanakan pembangunan TPT sepanjang 978 meter, dan di Dusun Mojorotodua dilakukan sepanjang 750 meter. Saat ini pembangunan TPT tersebut sudah selesai dikerjakan.

Selain dimanfaatkan untuk merealisasikan pembangunan TPT, Pemerintah Pekon Sukaraja dibawah pimpinan Kepala Pekon Boymin Wardianto juga memanfaatkan anggaran Dana Desa untuk merealisasikan sejumlah pembangunan infrastruktur lainya seperti, jalan rabat beton dan sarana olahraga.

Untuk pembangunan jalan rabat beton dilaksanakan sepanjang 450 meter, tersebar di dua titik lokasi yakni di Dusun Sumberejo Barat dan Mojorotosatu. Dengan rincian, di Dusun Sumberejo Barat sepanjang 300 meter dan di Dusun Mojorotosatu sepanjang 150 meter.

“Kemudian untuk pembangunan sarana olahraga yakni tribun dengan ukuran 20×5 meter dilaksanakan di Dusun Poncol,” kata Kepala Pekon Sukaraja Boymin Wardianto didampingi TPK Dana Desa Pekon Sukaraja Wasidi, kemarin (30/8).

Selain dimanfaatkan untuk pembangunan di bidang infrastruktur, Pemerintah Pekon Sukaraja juga mengalokasikan Dana Desa untuk bidang pemberdayaan dan pembinaan seperti, aparatur pekon, BHP, LPM, guru ngaji, guru paud, posyandu, kegiatan bersih pekon, prasarana olahraga dan lain sebagainya.

“Kita juga memanfaatkan Dana Desa untuk bidang pemberdayaan. Dan seluruh program pembangunan dana desa ini dipilih berdasarkan hasil musyawarah dengan masyarakat di pekon setempat,” pungkasnya.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here