Ashari Patnoto Wujudkan Pemerataan Pembangunan di Segala Bidang

326

SEMAKA – Pemerintah Pekon Kanoman, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, dibawah kepemimpinan Kepala Pekon Ashari Patnoto berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala bidang.

Seiring dengan dikucurkannya Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, komitmen itu secara perlahan mulai terwujud. Pada tahun ini, Pekon Kanoman yang memiliki empat pedukuhan yakni Pedukuhan Utara, Selatan, Rejomulyo dan Pedukuhan Satu mendapatkan kucuran DD sebesar Rp 1,2 miliar lebih.

Dana tersebut dimanfaatkan untuk merealisasikan sejumlah pembangunan infrastruktur seperti, jalan rabat beton, talud penahan tanah, drainase, gorong-gorong dan pembukaan badan jalan.

 

Adapun lokasi pembangunannya dilakukan secara merata, tersebar di setiap pedukuhan yang ada di pekon setempat. Dengan rincian, di Pedukuhan Utara dilaksanakan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 750 meter dan pembukaan badan jalan sepanjang 200 meter sekaligus penaludan badan jalan kiri kanan.

Kemudian di Pedukuhan Selatan dilaksanakan pembukaan badan jalan dan pembangunan TPT sepanjang 280 meter di dua titik lokasi. Selanjutnya, di Pedukuhan Satu dilaksanakan pembangunan drainase sepanjang 131 meter dan talud penahan tanah sepanjang 180 meter. Sedangkan di Pedukuhan Rejomulyo dilaksanakan pembangunan 7 unit gorong-gorong plat dan talud penahan tanah sepanjang 357 meter.

Kepala Pekon Kanoman, Ashari Patnoto mengatakan, program pembangunan infrastruktur tersebut dipilih berdasarkan hasil musyawarah pekon, yang kemudian dituangkan dalam APBDes Tahun 2018.

“Dalam penggunaan Dana Desa kami mengedepankan asas pemerataan. Hal itu dilakukan agar pembangunan dipekon setempat bisa merata, dengan begitu maka pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat dan kesejahteraan warga bisa lebih meningkat, ” kata Ashari Patnoto, didampingi Sekretaris Pekon Edi Irawan dan TPK Pekon Kanoman Ermanto, Senin (27/8).

Selain untuk pembangunan infrastruktur, lanjut dia, Dana Desa yang dialokasikan untuk Pekon Kanoman juga dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi warga, melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yakni penggemukan ternak sapi.

“Kemudian Dana Desa juga kita manfaatkan untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat pekon seperti aparatur pekon, PKK, BHP, LPM dan pemberdayaan lansia, kader posyandu, guru ngaji, dan lain sebagainya,” pungkasnya. (adv) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here