Melalui DD, Pekon Pardawaras Berbenah Infrastruktur

368

SEMAKA- Pemerintah Pekon Pardawaras, Kecamatan Semaka, terus melakukan pembenahan dari segala lini, termasuk masalah infrastruktur pekon. Semua pembangunan yang dilaksanakan menggunakan anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

Ketua TPK Pekon Pardawaras, Saudianto mengatakan, pada tahun ini pekon Pardawaras melaksanakan berbagai pembangunan. Seperti jalan rabat beton, Talud Penahan Tanah (TPT), amparan pembuangan air, drainase, sumor bor, 30 batang tiang listrik, dua unit MCK, dan tiga unit gorong-gorong.

” Jalan rabat beton sepanjang 448 meter dilaksanakn di dusun I sampai Dusun III, sedangkan drainase sepanjang 340 meter dilaksanakan di tiga dusun. Untuk pengadaan 30 tiang listrik dan 120 meter amparan pembuangan air dilaksanakan di dusun III. Kemudian sumur bor, talud sepanjang 40 meter dan MCK dilaksanakan di dusun II,” ujar Saudianto.

Ia menjelaskan, semua program pembangunan infrastruktur tersebut merupakan hasil musyawarah dengan masyarakat setempat.” Program pembangunan infrastruktur ini merupakan usulan dari masyarakat. Alhamdulillah, dengan adanya dana desa ini kita dapat merealisasikannya,” jelasnya.

Selain pembangunan dibidang fisik, dana desa tahun yang dialokasikan untuk Pekon Pardawaras juga dimanfaatkan untuk bidang pemberdayaan. Seperti pemberdayaan BHP, kader pusyandu, guru ngaji, pemberdayaan PAUD, bidang kesenian seperti pencak silat dan sanggar tari dan lain sebagainya.” Untuk bidang infrastruktur dana desa tahap II ini sudah selesai dilaksanakan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pekon Pardawaras, Andi Azis membenarkan, bahwa Dana Desa pada tahun ini di gunakan untuk membangunan di semua dusun di pekon setempat.” Alhamdulillah, dana desa tahap I dan Tahap II ini sudah selesai di kerjakan,” kata Andi Azis.

Sementara untuk tahap III, lanjut dia, akan di alokasikan untuk pembangunan jalan rabat beton sepanjang 632 meter di dusun II dan dusun III, sementara beronjong akan dilokasikan sepanjang 100 meter di dusun II.” Dua item pembangunan tersebut akan direalisasikan pada tahap tiga nanti,” Tukas Andi.(Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here