Peringatan Detik-detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

120

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus menggelar Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka memperingati HUT Ke 73 Republik Indonesia, Jumat (17/8) di Lapangan Merdeka Kotaagung.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T. Adapun Komandan Upacara Kapten Inf Julian Abri dan Perwira Upacara Kapten Inf Suroto, sementara Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos membacakan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan. Turut hadir Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, Kasim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus David Palapa Duarsa, Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Drs. Hi. Asrori, SH.MH, Kepala Lapas Kelas II B Kotaagung, Heru Suprijowinardi, Kepala Kantor Kemenag Hi.Murdi Amin,Sekda Tanggamus Hi. Andi Wijaya, Kepala OPD, camat, Ketua TP PKK, Darma Wanita, Kepala Pekon, Ormas, Veteran dan Pelajar.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada 50 orang PNS, dengan rincian Satya Lancana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada 20 orang, secara simbolis diberikan kepada Masroini, S. Pd, Satya Lancana Karya Satya20 tahun diberikan bagi 16 orang yang secara simbolis diberikan kepada Kadishub Razi Azanisyah,S.H dan Karya Satya Lancana Karya Satya 10 tahun, sebanyak 10 orang secara simbolis diberikan kepada Bambang Probo Sampurno,S.STP,M.Si. Pemberian Satya Lancana Karya Satya ini berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92/TK/tahun2016.

Usai upacara, Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin kepada wartawan mengatakan bahwa makna HUT Ke 73 RI adalah semangat berjuang untuk Tanggamus jaya. Menurut dia, secara harfiah bangsa Indonesia memang sudah merdeka hanya saja perlu adanya pemerataan pembangkit disegala aspek.

“Marilah kita bersama-sama bersinergi untuk membangun Tanggamus ini sebab perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan akan sia sia iika tidak diiisi dengan pembangunan.Kemudian para pemuda juga harus meneladani semangat pejuang bangsa khususnya pahlawan daerah sehingga bisa mengisi kemerdekaan ini dengan hal hal positif yang terbaik untuk pembangunan Tanggamus, ” kata Zainal.

Usai upacara Detik-detik Proklamasi, Pj bupati beserta rombongan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia Kecamatan Kotaagung Timur untuk melakukan ziarah yang dalam hal ini dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma dan dilanjutkan ramah tamah dengan veteran dan forkopimda dirumah dinas bupati.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here