Kanopi Gedung DPRD Ambruk Kabag Umum Akui, Kerusakan Sudah Lama

28

KOTAAGUNG-Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus saat ini kondisinya mengkhawatirkan, dimana hampir disetiap sisi sudah lapuk dan plafon banyak yang rusak hal ini berlangsung cukup lama sampai puncaknya saat kanopi ambruk pada Jumat (17/8).

Beruntung saat kanopi ambruk, tidak ada orang yang melintas atau aktivitas digedung dewan, sebab Jumat (17/8) pemerintah menetapkan sebagai libur nasional memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke 73 Republik Indonesia, para pegawai sekretariat DPRD juga melaksanakan upacara bendera di Lapangan Merdeka Kotaagung.

Berdasarkan pantauan, kanopi dengan ukuran sekitar tiga meter dan genteng masih berserakan, kayu penopang juga terlihat lapuk dimakan usia, dan diduga tak kuat menahan beban, dan ambruk dari ketinggian sekitar 10 meter.

Saat dikonfirmasi, Kabag Umum Sekretariat DPRD Tanggamus, Erwin Sinungan mengakui jika kerusakan tersebut memang sudah lama diketahui, dan usulan juga telah disampaikan agar segera diperbaiki, akan tetapi memang belum terealisasi, untuk tahun ini juga kecil kemungkinan bisa diperbaiki karena devisitnya anggaran.

“Kemungkinan tahun depan bisa diperbaiki, karena kita tahu sendiri APBD-P saat ini devisit, estimasi berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk rehab total seluruh yang rusak, kita juga belum tahu pasti, karena harus di kroscek lebih dulu, tetapi yang jelas harus ada perbaikan, karena memang kerusakan sudah banyak,”kata Erwin, Jumat (17/8).

Sementara itu, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, mengaku sejak awal didirikan hingga sampai saat ini, gedung DPRD memang belum ada perawatan maupun rehab. Rehab , lanjut Heri, direncanakan tahun 2018, namun urung terlaksana lantaran terbentur dengan pelaksanaan pilkada sehingga belum bisa dilakukan.

“Anggaran yang sudah diusulkan untuk rehab Rp3,2miliar namun belum terealisasi, karena untuk dana hibah penyelanggara pemilu seperti KPU dan panwaslu, maka dari itu usulan kembali diajukan tahun 2019,ujar Heri.

Terpisah, Sekretaris DPRD Tanggamus, Suratman mengaku belum dapat mengambil keputusan terkait ambruknya kanopi gedung DPRD, hanya saja ia memastikan dengan mengecek terlebih dahulu

“Kita juga tidak bisa prediksi kapan bisa dibangun, apakah tahun ini atau tahun depan, untuk pastinya kita akan koordinasi dahulu dengan pihak terkait lainnya,” ucap Suratman. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here