Pekon Candiretno Simpan Banyak Potensi

98
Foto Ilustrasi Net
PRINGSEWU-Pekon Candiretno Kecamatan Pagelaran ternyata menyimpan banyak potensi, selain suasana perdesaan sawah mendominasi pekon paling selatan kecamatan pagelaran ini. Terdapat 70an titik IRT Pembuatan Tahu, Tempe, peternakan sapi, kambing, ayam petelur, pesawahan luas dan dialiri aliran Way Ngison.
Sekretaris Pekon Candi Retno Suhani saat menerima kunjungan dari Dinas Pemperdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) dan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pringsewu guna menggali potensi yang lebih mendalam terhadap pekon tersebut.
Suhaini menjelaskan, bahwa Pekon Candiretno pada awal mulanya adalah sebuah daerah berupa hutan belantara yang di penuhi dengan pepohonan yang  besar- besar. Pekon Candiretno berdiri Tahun 1031 yang dirintis oleh 9 orang yakni Wirono, San Mihardjo, Parto Sentono, Kastomo. Tang Djadipiiro, Sandjuwardi, Kanawi, Donoredjo dan Mad Umar yang merupakan pendatang dari JawaTengah atau sering disebut transmigrasi swakarsa.
“Dengan kemauan dan tekad yang kuat ke tujuh orang tersebut membuka hutan dan mengembangkan perekonomian desa yang semakin lama jumlah penduduk dan pendatang semakin bertambah banyak,” kata Suhaini, Selasa (7/8).
Senada, Sekretaris DPMP Ivan Kurniawan mengatakan, bahwa setelah jumlah penduduk bertambah banyak dan perekonomian berkembang dengan pesat, Pekon Candiretno pada Tahun 1932 Desa Candiretno resmi menjadi desa yang di pimpin oleh Pawiro Wirono sebagai Kepala Desa Candiretno yang pertama.
“Desa Candiretno mempunyai luas wilayah  437,39   Ha. Yang terbagi menjadi  3 Pedukuhan/Dusun antara lain, Dusun Jatirejo/ RW.003 dipimpin oleh Bapak.Wagiman  terdiri dari 3 RT. Dusun Candiretno/ RW.002 dipimpin olehBapak Suratno terdiri dari 3 RT. Dusun Kutopengasih/ RW.001 dipimpin oleh M.solichun terdiri dari 3 RT,” jelas Ivan.
Sementara, anggota komisi I DPRD Pringsewu dari fraksi PKS Zunianto mengatakan, dirinya selaku anggota dewan menginginkan dan memiliki kepala pekon yang memiliki visi-misi terarah sesuai dengan sebutan pekon  aswaja, berpendidikan jelas, pengalaman luas dan dapat memajukan secara  cepat pekon Candiretno dengan potensi yang telah ada.
“Seperti halnya Ivan Kurniawan selaku sekretaris DPMP Kabupaten Pringsewu saat menggali potensi yang ada, jelas menginginkan ada kemauan dari masyarakat untuk maju dalam hal perekonomian, beliau siap membantu untuk membina dan mendampingi masyarakat,” pungkasnya. (cr1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here