Empat Pekon Kompak Kembangkan Objek Wisata

129
foto ilustasi net

KOTAAGUNG—Empat Pekon di Kecamatan Ulubelu, yakni Pekon Pagar Alam, Muaradua, Sukamaju dan Ngarip bahu membahu dalam pengembangan pariwisata. Hal ini agar pariwisata di wilayah tersebut dapat maju dan berkembang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sinergi antara empat pekon dalam pengembangan sektor wisata di kecamatan tersebut dilakukan di Pekon Pagaralam, yang mana menurutnya empat pekon tersebut telah sepakat untuk bahu-membahu, memberikan kontribusi dalam pengembangan, dan kemajuan wisata khususnya di empat pekon tersebut.

“Mereka akan saling sinergi, misal di Pekon Pagaralam ada potensi wisata pemandian air panas, mereka akan secara bersama-sama untuk memajukan objek wisata tersebut, baik itu dari segi pengunjung, sarana serta fasilitas pendukung lainnya,”kata Retno, Selasa (7/8).

Ide tersebut lanjutnya, murni dari aparatur pekon setempat. Dan Dispar sendiri lanjutnya sebagai fasilitator yang mana dalam hal ini memberikan masukan dan saran untuk kemajuan Pariwisata itu sendiri, disamping itu menerima saran dan usulan dari Pokdarwis terkait bantuan yang diperlukan dalam menunjang sarana wisata.

“Terkait bantuan untuk peningkatan wisata akan kita upayakan pada 2019 mendatang. Dan kita harapkan pekon lain di Tanggamus yang memang miliki potensi wisata, juga dapat bersinergi,”ujarnya.

Terpisah, Camat Ulubelu, Arpin, menyampaikan, melalui pertemuan pekon penunjang destinasi wisata tersebut ia berharap kedepan objek wisata di Kecamatan setempat dapat lebih berkembang dan dikenal luas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai kegiatan usaha yang dapat dikembangkan di sekitar tempat wisata tersebut.

“Kegiatan tersebut di fasilitasi oleh rumah kolaborasi dan Dispar Tanggamus. Kaitannya dengan badan koordinasi antar desa, terutama desa yang mempunyai potensi wisata, seperti Pekon Sukamaju ada lembah pelangi, Pekon Pagaralam dan Muaradua destinasi wisata air panas, dan Peko Ngarip penunjang dari sektor wisata tersebut,”tandanya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here