36.425 Anak Sudah Tervaksin MR

79

KOTAAGUNG—Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus menyatakan sebanyak 36.425 Anak di Tanggamus sudah Diimunisasi Measles Rubella (MR).

Menurut Kepala Diskes Tanggamus Sukisno, pelaksanaan imunisasi MR terus berjalan karena sudah instruksi pusat dan sudah menjadi program nasional.

“Sampai sekarang tidak ada yang ajukan keberatan dan kami terus laksanakan imunisasi untuk mencapai target,” ujar Sukisno, kemarin.

Ia mengaku sementara ini, Imunisasi MR tercapai 23,27 persen atau sekitar 36.425 anak dari target 158.373 anak atau siswa sekolah.
Kemudian terkait kontroversi lebel halal, Sukisno tidak berkomentar dan menyerah masalah itu ke pusat. Apapun instruksi pusat akan dilaksanakan, dan sejauh ini tidak ada penundaan.

“Pastinya di Arab Saudi sudah imunisasi massal rubella tahun 2015 yang sasarannya lebih tinggi dari Indonesia dan asal vaksinnya juga sama berasal dari India, “kata Sukisno.

Perbandingan lainnya, terus Sukisno adalah produk pada rokok yang tidak ada lebel halal namun tidak diributkan, terlebih rokok menyebabkan berbagai penyakit.
Sementara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanggamus KH. Makmun Sirodj mengaku mengikuti keputusan MUI pusat yang meminta agar vaksin MR mendapat label Halal dulu dari MUI.

“Komisi Fatwa MUI memberikan rekomendasi dan dukungan terhadap vaksin MR dalam rangka untuk mencegah terjadinya penyakit dengan cara preventif berupa imunisasi. Namun, tetap harus menggunakan bahan yang halal. Dan dukungan imunisasi ini sudah. melalui Fatwa No 4 tahun 2016,sementara untuk vaksin MR ini kan belum ada label halal, jadi sikap kami mendukung MUI pusat agar vaksin dihentikan dulu sampai mendapat label halal dari MUI, “kata Makmun. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here