18 Buku Karya Guru di-Launching

100

GISTING-Sekitar 20 judul buku yang merupakan hasil karya tulis dari 18 guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kabupaten Tanggamus diluncurkan.

Acara sekaligus seminar penulisan bersama global potensi itu berlangsung di Aula Serumpun Padi, Kecamatan Gisting, kemarin (7/8). Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Rakhman Husin, S.Sos.

Menurut ketua PGRI Kabupaten Tanggamus Alfarizal Setiawansyah,SE.MM, kegiatan seminar kepenulisan dan lounching buku 18 guru penulis ini mengambil tema”Mengembangkan Literasi Menuju Guru Berprestasi”. Dalam era digital seperti saat ini guru dituntut tidak hanya bisa mengajar sebagai tugas utama, namun juga harus bisa mengembangkan ilmunya melalui tulisan yang bisa dibaca bagi orang banyak.”Buku berbagai judul ni hasil karya guru PGRI di Tanggamus. Mudah-mudahan karya mereka ini bermanfaat bagi orang banyak, terutama siswa,”katanya.

Ia melanjutkan, 18 penulis ini adalah hasil Mentoring Menulis Online (MMO) yang dimentori oleh Brilly Agung CEO Inspirator Academy Jakarta. Kegiatan MMO ini diselenggarakan oleh Pemkab Tanggamus yang dipelopori oleh ibu Yeni Ernani Growing Fun Inspirator.”Buku yang dilounching ini sudah melewati beberapa tahap penyaringan. Alhamdullah isi dalam buku ini memiliki motivasi bagi si pembaca,”jelasnya.

Masih kata Alfarizal,  judul buku itu  menceritakan tentang beragam hal, ada juga yang diangkat dari kisah nyata selama mengajar, pengalaman yang mereka alami sendiri, termasuk motivasi bagi orang lain.“Program yang kita lakukan ini semata-mata, mengembangkan bakat guru agar dapat menghasil karya tulisnya sehingga mampu beradaptasi dengan alam dan lingkungan serta anak didiknya  dalam lokal,” sebutnya. Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Tanggamus, Rakhman Husin, S.Sos mendampingi Kepala Disdik Tanggamus, Aswien Dasmi mengatakan,

Ke 18 Buku hasil karya guru ini patut diapresiasi. Pasalnya, mereka tidak hanya pandai dalam mendidik siswa menjadi pintar, tapi juga bisa mencurahkan ilmunya melalui buku bacaan yang tentunya akan bermanfaat bagi orang banyak.“Saya terharu dan mengucupkan salam literasi bagi guru di PGRI. Guru di Tanggamus hebat dan mampu menujukan kiprah dengan berkarya dengan imajinasi selama mengajar di sekolahnya masing-masing,” ujarnya.

Rakhman Husin melanjutkan, membuat karya bukanlah hal yang mudah, apalagi karya itu berkaitan dengan pengalaman pribadi serta motivasi bagi orang lain,”tarangnya.

Ia berharap, karya tulis para guru ini nantinya menjadi acuan oleh guru-guru di Tanggamus untuk bisa melakukan hal yang sama. Tentunya jika semakin banyak guru yang berkarya maka akan memberikan nilai yang positif bagi guru di Tanggamus.”Karya positif ini diharapkan bisa menjadi  referensi bagi guru-guru lainnya,”tutupnya

Untuk diketahui adapun hasil karya dari 18 penulis tersebut sebagai berikut : Edi Mustofa (Khutbah Jum’at), Haris agus Istanto (Ragam Model dan Metode Pembelajaran), Alamin labis ( Tanggamus Bumi Wisata dan Pendekatan BSPM), Kurnia Sai Utami(Dulilah Untuk Gerakan Literasi Indonesia),Mijiono Sukartini (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat), Enita(Nikmatnya Menulis Laporan PTK),Suroso(Lingkungan Sebagai Surga media Pembelajaran),Tri Wahyuni(Lentera Tak kan Pernah Padam),Jumitri(Jurus Jitu BerPTK),Dian Resti(Langit Tanpa Senja),Chamduana Tri Saputra(Guru Zaman Now),Puspita Vemilia Sari(Beri Aku Sepotong Awan),Sri Utami(Jurus Praktis PTK) Nasrulloh(Kupas Tuntas Senam Tanggamus dan 46 Puisi Anak),Vina Nurmala Depi(Jangan Didik Anak dengan Cara Biasa) ,Jamastuti(Aku Kapur dan Papan Tulis),Deswandi (Jangan Takut Bermimpi). (zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here