Harga Telur Ayam Berangsur Turun

132
BERANGSUR TURUN : Harga kebutuhan bahan pokok jenis telur ayam di sejumlah pasar tradisonal di Kabupaten Tanggamus mulai berangsur turun. Saat ini harga komoditas bahan pokok tersebut berkisar Rp23-24 ribu per kilogram, turun dari sebelumnya Rp28 ribu per kilogram. ( Foto Uji Mashudi) 

WONOSOBO-Harga kebutuhan bahan pokok jenis telur ayam di sejumlah pasar tradisonal di Kabupaten Tanggamus mulai berangsur turun. Sebelumnya harga komoditas tersebut bertahan tinggi selama beberapa pekan pasca lebaran Idul Fitri.

Pantauan Radar Tanggamus, di pasar tradisional Wonosobo, harga telur ayam saat ini berkisar Rp23-24 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga komoditas bahan pokok tersebut masih bertahan tinggi dikisaran Rp28.000 per kilogram.

Rosdiana, salah seorang pedagang telur ayam di Pasar Wonosobo menuturkan, harga telur ayam mulai turun pada Sabtu (4/8) lalu. Turunya harga telur tersebut lantaran pasokan yang sudah kembali lancar.

“Waktu lebaran kemarin stok menipis karena pasokannya sedikit, jadi ¬†harganya naik. Tapi baru ini pasokannya kembali lancar, dan harga telur juga kembali normal yakni Rp24.000 per kilogram, ” kata Rosdiana, kemarin (6/8).

Ia mengaku, sejak harga telur mulai turun permintaan pembeli meningkat cukup signifikan dibandingkan saat harga telur ayam masih bertahan tinggi beberapa waktu lalu.”Waktu harganya masih bertahan tinggi permintaan dari pembelinya menurun, tapi alhamdulillah beberapa hari ini permintaannya kembali meningkat, karena harga telur sudah kembali normal, ” ungkapnya.

Senada juga dikatakan Vina salah seorang pembeli. Menurutnya, turunnya harga komoditas telur baru beberapa hari ini.”Baru beberapa hari ini turunnya, kami sebagai pembeli bersyukur karena harganya kembali normal lagi. Jadi, bisa terbantu juga ekonomi keluarga di rumah, ” ucap Vina.

Selain jenis telur, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Wonosobo juga mengalami penurunan harga. Seperti yang terjadi pada komoditas bawang, di pasar setempat harga bawang merah turun dari sebelumnya Rp 28.000 menjadi Rp 25.000. Demikian halnya dengan harga bawang putih yang sebelumnya Rp 25.000 turun menjadi Rp 24.000.

Di sisi lain, kestabilan harga terjadi pada kebutuhan pokok jenis cabai. Saat ini harga cabai merah di pasar setempat masih bertahan diangka Rp40.000 per kilogram, sementara harga cabai kecil juga masih bertahan di angka Rp32.000 per kilogram.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here