Tim Penilai Provinsi Sambangi Pekon Tugupapak

127

SEMAKA—Tim penilai Lomba Pekon, Kelurahan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Provinsi Lampung menyambangi Pekon Tugupapak, Kecamatan Semaka untuk melakukan penilaian lomba pekon tahun 2018, Kamis (26/7).

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Tim Penilai, Theresia Sormin S.H mengatakan, bahwa pembangunan sejatinya memberikan kepercayaan yang besar kepada masyarakat untuk berpartisipasi secara langsung dalam setiap proses pelaksanaan,perencanaan dan pengawasan pembangunan dapat memberikan efek ganda sekaligus menempatkan masyarakat dalam subjek pembangunan.

“Oleh sebab itu peran kepala pekon dan lurah, dalam mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat, sangat menentukan penyelenggaraan pemerintahan dipekon dan kelurahan tersebut,”kata Theresia Sormin mengutip pidato gubernur.

Dilanjutkan Theresia jika evaluasi efektifitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan dilakukan guna mengetahui efektifitas dan status perkembangan pekon dan kelurahan.

“Tahapan dari langkah evaluasi adalah acara lomba pekon yang kita laksanan pada hari ini, ada tiga bidang penilaian dalam lomba pekon dan kelurahan, yaitu bidang pemerintahan pekon dan kelurahan, bidang kewilayahan serta bidang kemasyarakatan pekon dan kelurahan.Untuk pekon ada 69 indikatpr sementara kelurahan ada 62 indikator,”ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Tanggamus Ir. FB. Karjiyono mewakili Pj Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin,M.T, menyampaikam evaluasi dan perkembangan desa serta kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelengaraan kewilayahan dan kemasyarakatan, yang didasarkan instrumen evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan.

“Tim kabupaten telah melakukan evaluasi dan penilaian tingkat pekon dan kelurahan yang ada di Tanggamus, hingga ke kecamatan, setelah melalui pertimbangan yang matang maka ditetapkan Pekon Tugupapak, Kecamatan Semaka dan Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, pada penilaian lomba pekon tingkat provinsi serta Pekon Sukanegeri Jaya untuk lomba BUMDes,”terangnya.

Usai kegiatan seremonial, Theresia dan jajaran tim penilai didampingi Karjiyono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Camat Semaka Wawan Haryanto, S.STP, Kepala Pekon Tugu Papak Hasbi, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat melihat stand UP2K Kecamatan, kemudian menyambangi kantor pekon untuk melakukan penilaian administrasi, posyandu serta kebun kolektif dan toga kelompok kerja (Pokja) PKK pekon setempat. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here