Sadar Dong! Jangan Buang Sampah ke Sungai

199

KOTAAGUNG-Bicara masalah tumpukan sampah di Pantai Muara Indah Kecamatan Kotaagung seolah tiada habisnya. Meski sudah rutin dibersihkan setiap hari oleh petugas kebersihan, namun tumpukan sampah di pantai sekitar lokasi wisata tersebut masih tetap ada.

Demikian diungkapkan Robi Suharto, salah satu Pengelola Taman Wisata Muara Indah. Menurutnya, keberadaan tumpukan sampah di Pantai Muara Indah tersebut bersumber dari limbah rumah tangga yang dibuang warga ke saluran drainase, yang kemudian mengalir ke sungai dan bermuara ke Pantai Muara Indah.

“Meskipun setiap hari kita bersihkan, tapi sampah ini tidak akan pernah habis kalau masyarakatnya belum berhenti membuang sampah ke aliran sungai, ” katanya, kemarin (26/7), saat melakukan bersih-bersih pantai bersama petugas kebersihan Taman Wisata Muara Indah.

Dijelaskanya, petugas kebersihan setiap hari rutin membersihkan Pantai Muara Indah dari tumpukan sampah. Biasanya petugas membersihkannya dua kali dalam sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari. Untuk pagi hari petugas melakukan bersih-bersih pantai sejak Pukul 05.30 Wib hingga Pukul 08.00 Wib, sedangkan pada sore hari biasanya petugas mulai membersihkan lokasi pantai pada Pukul 16.00 hingga Pukul 17.30 Wib.

“Kami berharap masyarakat bisa sadar dan tidak lagi membuang sampah ke aliran sungai. Karena aliran sungai, khususnya Way Jelay ini bermuaranya ke Pantai Muara Indah,” jelasnya.

Ia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus agar lebih maksimal lagi dalam menempatkan bank sampah. Pasalnya, dilokasi wisata Muara Indah belum ada bank sampah. Sementara volume sampah di sekitar lokasi wisata tersebut cukup banyak.

Akibat belum adanya bank sampah tersebut lanjut Robi, petugas kebersihan terpaksa mengangkut dan membakar sampah di bibir pantai.

“Disini juga belum ada bank sampah, jadi petugas kebersihan terpaksa membakar sampah non organik di pinggir pantai, sedangkan untuk sampah organiknya ditimbun. Kami juga berharap agar Dinas Lingkungan Hidup menempatkan bank sampah di lokasi wisata ini, ” harapnya. (Uji) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here