KPU Tanggamus Nilai Parpol Belum Siap

216
KPU Tanggamus saat menerima pendaftaran Partai NasDem di hari penutupan, Selasa (17/7). Foto Rio Aldipo

KOTAAGUNG—Partai politik (Parpol) peserta pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Tanggamus mayoritas mendaftar dimenit-menit akhir pendaftran. Hal itu terlihat dari banyaknya parpol yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dihari akhir pendaftaran, tercatat hingga Selasa (17/7) pukul 16.00 WIB baru lima parpol yang mendaftar, kelimanya adalah PKS, Gerindra, PKB, Bekarya dan NasDem.PKS sendiri menjadi parpol pertama yang mendaftar pada Minggu (15/7).

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra menilai bahwa masih banyak parpol yang belum siap dalam mendaftarkan bacalegnya ke KPU.” Kalau saya nilai parpol belum siap, kalau sudah siap seharusnya didaftarkan sejak tanggal 4 Juli lalu. Dan jika dicermati kendala dari parpol sehingga menyebabkan mendaftar dihari terakhir karena mencari bacaleg dan parpol juga mencari cara melengkapi syarat bacaleg di sistem informasi calon (Silon),” kata Otto, Selasa (17/7) sekitar pukul 16.10 WIB.

Kemudian saat disinggung mengenai banyaknya parpol yang kesulitan dalam mengakses Silon, Otto dengan tegas menyatakan bahwa Silon tidak terlalu sulit, hanya saja dibutuhkan operator yang betul-betul piawai dibidangnya.”Sebenarnya nggak terlalu sulit, kalau parpol menunjuk operator yang piawai selain itu operator juga harus berkomunikasi baik dengan KPU,” ujar Otto.

Waktu pendaftaran dihari terakhir lanjut Otto akan ditutup pada pukul 24.00 WIB, bagi parpol yang tidak mendaftar maka tidak bisa ikut serta dalam pileg 2019 di Kabupaten Tanggamus.”Pokoknya kita tunggu hingga pukul 24.00 WIB, kalau tidak daftar ya tidak bisa ikut pileg,” sebut dia.

Masih kata Otto bahwa yang paling utama dilengkapi adalah syarat pencalonan sebab untuk syarat calon masih diberi waktu perbaikan.”Syarat pencalonan itu yakni surat pengajuan pencalegan yang ditandatangani oleh ketua dan sekretaris, terus daftar caleg perdapil, susunan caleg perempuan dan laki-laki dan pernyataan siap menjalankan demokrasi dengan baik. Sementara untuk syarat calon masih ada waktu perbaikan dari 22 Juli hingga 31 Juli,” katanya.

Kemudian saat disinggung mengenai kelengkapan lima parpol yang sudah mendaftar hingga pukul 16.00 WIB, Otto menyatakan bahwa masih ada parpol yang belum menlengkapi syarat pencalonan.”PKS, Gerindra dan Bekarya sudah klir, kalau PKB tidak melengkapi tanda tangan ketuanya saja, sedangkan NasDem memperbaiki susunan caleg sebab ada kelebihan caleg yang didaftarkan yakni di dapil I dan dapil V,” pungkas Otto.

Sementara itu Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, Selasa sore menyambangi kantor KPU Tanggamus, tujuannya untuk mengecek kesiapan anggota kepolisian dalam melakukan pengamanan pendaftaran bacaleg. Menurut Kapolres , personel yang diterjunkan dalam melakukan pengamanan sebanyak 90 personel yang dibagi dalam tiga shift.”Saya kesini untuk mengecek kesiapan anggota yang menjaga keamanan kantor KPU, kalau saya nilai situasi Tanggamus sekarang cukup kondusif,” ujar Made.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here