Ratusan Pengunjung, Padati Teluk Kiluan

368

KELUMBAYAN—Ratusan wisatawan memadati wisata pantai Teluk Kiluan, di Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan. Hingga hari kelima pasca libur lebaran wisatawan masih ramai berdatangan.

Pengelola Wisata Teluk Kiluan, Dirham mengatakan, pengunjung yang datang di dominasi dari pulau jawa namun ada juga pengunjung yang berasal dari luar Lampung, seperti Jambi, Bengkulu serta Palembang, puncak ramainya wisata ditempat tersebut dipadati pengunjung menurutnya yakni dua hari setelah Idul Fitri, yang jumlahnya mencapai 700 hingga 800 pengunjung tiap hari.

“Pengunjung dari luar Lampung, sebagian besar menginap, karena mereka ingin menikmati sensasi wisata lainnya seperti trip melihat Lumba-lumba, pantai gigi hiu dan lainnya,”kata Dirham, Kamis (21/6).

Animo pengunjung yang ramai tersebut, menurutnya bukan hal yang baru, dan itu sering terjadi pada saat liburan tiba, namun diakuinya, dibanding hari libur yang lainnya, libur pasca Idul Fitri ini, pengunjung jauh lebih meningkat, selain karena waktu libur yang relatif panjang, namun momen tersebut juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama sanak famili dan keluarga, dan Teluk Kiluan menjadi salah satu tujuan utamanya.

“Mulai dari hari Rabu kemarin, jumlah pengunjung mulai berkurang, dan itu akan terus terjadi mengingat hari ini, sebagian besar sudah mulai beraktifitas seperti semula,”ujarnya.

Ia menambahkan, ramainya pengunjung dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berjualan serta menawarkan jasa sebagai pemandu wisata, dalam sehari keuntungan yang didapat mencapai Rp 2 hingga 3 juta, hasil yang didapat lanjutnya akan kembali digunakan masyarakat untuk keperluan penambahan perlengkapan wisata serta lainnya.

“Kami harapkan, Pantai Teluk Kiluan ini terus disosialisasikan terus kepada seluruh masyarakat, disamping itu penambahan perlengkapan wisata dan lainnya juga diperhatikan, dan kami berharap kepada pemimpin yang baru nanti, baik itu Bupati ataupun Gubernur untuk memperbaiki akses menuju ke Kiluan,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here