Tak Canggung, Zainal Layani Pembeli Pasar Murah

193

KOTAAGUNG— Pasar Murah yang diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di Pekon Tanjung Anom Kecamatan Kotaagung Timur, Senin (4/6) ternyata tidak hanya disambut antusias masyarakat saja melainkan juga oleh Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin. Ya, dalam moment itu, Zainal terlihat bersemangat, bahkan tak segan ia melayani pembeli.

“Ibu-ibu ini siapa yang mau beli tepung terigu murah, harganya Rp6. 000/kg, ada juga gula pasir Rp8. 000/kg, uang pas ya, ” ujar Zainal dengan ramah kepada para pembeli.

Tak hanya melayani pembelian tepung terigu dan gula, Zainal yang saat berkeliling didampingi Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Lampung Ferynia dan Kepala Disdag Tanggamus, Zulfadli juga melayani penjualan beras, telur dan daging sapi. “Ayo, ayo siapalagi yang mau beli, ini murah-murah, sebab harganya sudah disubsidi apalagi ini yang melayaninya langsung bupati,”seloroh Zainal.

Zainal yang dikonfirmasi mengaku bersyukur dan senang atas digelarnya pasar murah oleh Pemprov Lampung, sebab dari 15 kabupaten/kota se Lampung tahun ini pasar murah Pemprov Lampung hanya digelar di lima kabupaten yakni Lampung Selatan, Lampung Utara, Tanggamus, Tulang Bawang dan Pesawaran.

“Ya, tadi melayani pembeli itu spontan saja, sebab saya merasa senang, apalagi lihat antusias masyarakat. Untuk itu kami ucapkan terimakasih atas gelaran pasar murah ini, yang mana sangat membantu masyarakat, harapannya kalau bisa untuk titik lokasi ditambah lagi kalau bisa 20 titik, sehingga seluruh masyarakat Tanggamus bisa merasakan,” kata Zainal.

Sementara itu Kepala Disdag Provinsi Lampung Ferynia mewakili Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan, pasar murah digelar untuk menyikapi fenomena kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok selama bulan Ramadan utamanya saat menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk itu perlu diantisipasi dalam bentuk kegiatan pasar murah.

“Kegiatan pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyatakat dalam memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dibandingkan dengan harga pasar,” ujarnya.

Dilanjutkan Ferynia bahwa kegiatan pasar murah merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya oleh Pemprov Lampung yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten.”Saya menilai kegiatan ini sangat tepat sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat berpenghasikan rendah untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, ” kata Ferynia seperti mengutip perkataan Pjs Gubernur.

Dijelaskan Ferynia bahwa Tanggamus merupakan salah satu dari lima kabupaten yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pasar murah. Adapun kupon yang dibagikan untuk masyarakat 12 pekon se Kecamatan Kotaagung Timur sebanyak 2.870 dengan rincian kupon beras sebanyak 200 lembar, gula pasir 670 lembar, minyak goreng 900 lembar, telur 700 lembar dan tepung terigu 400 lembar.
“Semua komiditi diberi subsidi Rp3.000 sehingga untuk beras kemasan 5 kg yang tadinya dijual 50 ribu per 5 kg menjadi Rp35 ribu per 5 kg,minyak goreng dijual Rp7. 000 liter, gula Rp8.000/kg, tepung terigu Rp6. 000/kg dan daging sapi Rp 80 ribu/kg, “terangnya.

Kepala Pekon Tanjung Anom, Sumardi, menurut dia adanya pasar murah sangat membantu masyatakat, khususnya yang berpenghasikan rendah. “Untuk Pekon Tanjung Anom mendapatkan jatah 200 kupon yang dibagian bagi masyarakat kurang mampu. Terimakasih kepada Pemprov Lampung yang sudah melaksanakan kegiatan pasar murah ini,” kata Sumardi.

Sementara, Eni warga Tanjung Anom mengaku senang bisa berbelanja kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. “Saya dapat kupon beras dan gula pasir, alhamdulillah harganya lebih murah dari harga pasar, kami sangat terbantu,” kata dia. (ral) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here