246 Calhaj Layak Berangkat Haji

744
Foto Net

KOTAAGUNG—Sebanyak 246 calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Tanggamus sudah menerima vaksin meningitis sebagai syarat bisa masuk ke Arab Saudi.

Kabid Pelayanan Kesehatan Basri mewakili Kadiskes Sukisno, mengatakan, pemberian vaksin meningitis dipusatkan di Puskesmas Talang Padang. “Untuk calon jemaah haji yang sudah ditetapkan kami sudah berikan vaksin meningitis dan cek kesehatan, semuanya bisa diberangkatkan,” ucapnya, Senin (21/5).

Ia menambahkan, memang dari semua calhaj tidak semua kondisinya dalam kesehatan yang fit. Tetap ada calhaj yang kondisinya rawan penurunan kondisi. Maka untuk itu diskes berikan catatan harus ada penampilan bagi beberapa calhaj.

“Memang semuanya layak tapi tetap ada yang perlu pendamping karena faktor usia, bukan karena menderita penyakit berat yang diderita. Untuk penyakit berat dan penyakit menular juga tidak ditemukan,” ujar Basri.

Ia mengaku, Diskes Tanggamus hanya fasilitas vaksinasi meningitis sebab itu  yang wajib. Sedangkan untuk vaksinasi bagi penyakit lain disarankan ke sarana kesehatan atau dokter yang biasa jadi langganan. Biasanya yang umum adalah vaksinasi influenza.

Basri meminta juga agar calhaj tetap beraktitas fisik, pertahanan kesehatan, kalau ada keluhan kesehatan segera cek jangan ketika sudah parah baru cek. Terlebih bagi yang punya riwayat pengakit berat maka harus rajin jaga kesehatan. Bagi yang merokok harus dikurangi.

“Calhaj juga difasilitasi jaga kebugaran di puskesmas terdekat hal itu untuk pengawasan bagi calhaj, dan saran bagi mereka juga agar lakukan langkah-langkah menjaga kesehatan,” jelas Basri.

Basri mengaku, diskes pasti akan dilibatkan jadi tim kesehatan jemaah. Namun pola yang selama ini diterapkan tim kesehatan tidak dampingi langsung jemaahnya, tapi diundi atau pertukaran pendampingan. Misalnya tim diskes dampingi calhaj kabupaten lain, nanti tim kesehatan kabupaten lain dampingi calhaj Tanggamus.

Basri juga mengaku, sampai saat ini pihaknya masih menunggu adanya tambahan calhaj. Sebab biasanya tiap tahun akan ada tambahan dari kuota yang bertambah, baik itu yang tambahan baru atau pengganti dari kuota yang tidak terisi.

“Kalau ada tambahan calhaj baru kami siap beri vaksin meningitis asalkan jangan terlalu mepet, minimal 15 hari sebelum pemberangkatan,”pungkasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here