Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Sidak Pasar

77
Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir. FB. Karjiyono memeriksa bahan makanan saat sidak pasar. Dalam kesempatan tersebut Karjiyono juga menunjukan Beras TTI yang menjadi program adalan DKP.

KOTAAGUNG—Dalam rangka menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriyah tim terpadu Pemkab Tanggamus yang tergabung dalam Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Tanggamus menggelar sidak pasar untuk memantau harga serta ketersediaan bahan pangan.

Sidak pasar dimulai dari pasar tradisional Kota agung dan hari kedua Pasar Gisting dan Talang Padang, Senin (14/5) pukul 09.30 Wib. Sidak dipimpin langsung oleh Pj.Bupati Kabupaten Tanggamus Ir.Zainal Abidin MT, didampingi Kapolres Tanggamus AKBP. I Made Rasma Jemy Karang, S. Ik,Wakapolres Kompol M.Budhi Setyadi serta Dandim 0424 Tanggamus Letkol. Arh. Anang Hasto Utomo, S. IP.

Tampak hadir juga dalam sidak ini Asisten II Fb.Karjiono, Kadis Perdagangan Zulfadli, Kadis Perikanan Edi Narimo, Kadis Kom Info Sabaruddin, Sekretaris Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Sekretaris Ketahanan Pangan Alkat Alamsyah, Kabag Perekonomian Suyanto, Kasatpol PP Yumin, Camat Gisting Firdaus dan Camat Kotaagung Wiwin.

Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir. FB. Karjiyono mengecek bahan makanan yang dijual di toko modern.

Menurut Pj.Bupati kabupaten Tanggamus Ir.Zainal Abidin MT, dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, tim terpadu Satgas Pangan Pemkab akan melaksanakan sidak ke seluruh pasar di Kabupaten Tanggamus.

“Kita mulai melakukan sidak di pasar ini,untuk memastikan harga terkendali dan ketersediaan bahan pangan mencukupi, sekaligus memantau kelayakan konsumsi bahan makanan. Dan dari hasil sidak hari ini, memang kami temukan beberapan bahan makanan dalam kemasan yang kadaluarsa, dan didapati juga oleh anggota Satgas Pangan, petasan yang dilarang beredar, ” katanya.

Zainal abidin mengatakan, selain itu, tim Satgas Pangan juga akan berkoordinasi dengan pemasok-pemasok bahan pangan, yakni sembako, seperti berkoordinasi dengan agen agen, bulog dan pihak Pertamina. Tujuannya, agar harga dapat terkendali dan tidak terjadi kelangkaan barang seperti gas, yang lazim terjadi jelang Idul Fitri.

“Kita akan berkoordinasi dengan para agen ataupun toko-toko besar di Tanggamus ini, memastikan tidak ada penumpukan stok barang dengan tujuan menaikkan harga, begitu juga dengan agen distributor gas elpiji kita akan pantau, ” ujarnya.

Ditambahkan Asisten Bidang Ekobang FB Karjiyono, berdasar sidak, harga kebutuhan pokok masih stabil. Begitu juga dengan stok bahan makanan.

”Untuk harga sembako cukup stabil. Barang yang naik seperti telur, sebesar Rp2 ribu. Sedang harga beras cenderung turun,” kata Karjiyono yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tanggamus itu.

Sementara itu Wakapolres Tanggamus Kompol M. Budhi Setyadi mewakili Kapolres AKBP. I Made Rasma,mengatakan, pihaknya juga memantau petasan yang dilarang beredar.

”Kegiatan ini dilakukan berkelanjutan. Jadi tidak saat ni saja. Terkait harga pangan, tim akan terus memantau. Kemudian satgas juga memonitor ketersediaan bahan pangan,” kata M.Budhi.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here