Fokus Perbaikan Infrastruktur Pariwisata

305
PERBAIKI AKSES : Perbaikan infrastruktur dan penambahan sarana fasilitas wisata menjadi fokus Dispar Tanggamus. Salah satu destinasi yang fasilitasnya diperbaiki adalah Agrowisata Jambu Kristal di Kecamatan Gunung Alip.( Foto Rio Aldipo)

KOTAAGUNG—Mengoptimalkan sektor pariwisata masih menjadi prioritas Pemkab Tanggamus untuk menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD). Namun untuk menjadikan sebuah destinasi wisata ramai dikunjungi wisatawan tentu harus ada gebrakan yakni perbaikan infrastruktur dan penambahan sarana fasilitas wisata, hal inilah yang terus digenjot Dinas Pariwisata (Dispar) Tanggamus.

Untuk tahun ini objek wisata yang diusahakan peningkatan infrastrukur dan fasilitasnya adalah Agro Wisata Jambu Kristal, rest area Gisting serta Taman Wisata Muara Indah.

Kepala Dispar Tanggamus, Hj.Retno Noviana Damayanti menyampaikan, ketiga usulan tersebut akan diupayakan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) serta melalui usulan langsung ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanggamus. Hal itu dikarenakan sarana infrastruktur yang akan menuju agrowisata jambu kristal yang terletak di Pekon Kedaloman, Kecamatan Gunungalip perlu peningkatan dan perbaikan, sedangkan dua objek wisata yaitu rest area Gisting dan muara indah akan diusulkan fasilitas permainan dan kios tempat para pedagang.

“Proposal telah kita ajukan kepada Dinas PUPR dan juga pihak bank, untuk membantu kemajuan wisata kita di Tanggamus dan kedepan akan terus kita jajaki kerja sama dengan bank lainnya, seperti Bank Lampung beberapa waktu lalu yang membantu penambahan fasilitas wisata di air terjun Way Lalaan,”kata Retno, belum lama ini.

Ia menerangkan, usulan sarana wisata atau permainan anak-anak akan di fokuskan untuk wisata muara indah, Kecamatan Kotaagung, hal itu melihat animo masyarakat yang terus berdatangan di tempat tersebut, hal ini tentunya harus di dukung dengan fasilitas wisata yang memadai, sedangkan untuk kios atau tempat berjualan jika terealisasi akan di fokuskan di rest area taman Gisting.

“Infrasturuktur, fasilitas permainan anak-anak, maupun kios dagang, mempunyai peranan penting untuk mendongkrak pengunjung yang ingin datang ketempat wisata, dengan infrastrukur baik maka pengunjung akan ramai datang, begitupun dengan sarana permainan dan lainnya,”ujarnya.

Penambahan sarana wisata yang telah dibantu oleh CSR menurutnya, seperti di Air Terjun Way Lalaan, saat ini telah ada rumah pohon, balon udara, dan tempat bermain anak-anak, yang tentunya itu akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisata air terjun Way Lalaan, hal itu menurutnya akan coba di kembangkan untuk sektor pariwisata lainnya.

“Destinasi wisata kita sangat banyak, untuk itu secara bertahap akan kita upayakan, Dispar juga dalam hal ini tidak berdiam diri, kita terus lakukan promosi dalam berbagai event, guna mengenalkan wisata di Tanggamus, pembersihan tempat wisata, dan melibatkan Pokdarwis juga terus kita giatkan,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here