Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Debat Kandidat

74
SIAP AMANKAN DEBAT : Aparat gabungan TNI/Polri,Satpol PP dan Dishub siap mengamankan jalannya debat kandidat Paslon bupati-wakil bupati yang digelar Rabu (9/5) di GSG Islamic Center Kotaagung.(Foto Rio Aldipo)

KOTAAGUNG – Kegiatan debat kandidat pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati Tanggamus yang akan berlangsung Rabu 9 Mei 2018 di Islamic Center Kotaagung akan mendapat penjagaan ketat dari aparat keamanan.

Hal tersebut untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketetertiban selama jalannya debat, mengingat massa dari pendukung masing-masing berkumpul ditempat yang sama.

Kabag Ops Polres Tanggamus, Kompol Aditya Kurniawan mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma mengatakan, pengamanan dilakukan oleh aparat gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI dan Satpol PP

“Personel yang terlibat dalam pengamanan debat kandidat yakni dari unsur Polres Tanggamus, Kodim 0424, Kompi 4 A Brimob, Satpol PP serta Dishub. Untuk jumlah riil personel saat ini belum dapat dipastikan karena masih menunggu kepastian dari masing-masing satuan, mudah-mudahan hari Selasa atau H-1, kepastian jumlah personel gabungan sudah valid. Dan khusus polres akan menerjunkan 100 personel,” kata Aditya.

Aditya menjelaskan, sistem pengamanan sudah mulai dilakukan sebelum kegiatan debat dilaksanakan, yakni dimulai dari strelisasi lokasi oleh personel Sat Sabhara dan Brimob. Hal ini sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP)

“Tentunya nanti banyak pendukung, simpatisan dan relawan dari masing-masing paslon yang membawa kendaraan baik itu roda dua dan empat, sebisa mungkin kita imbau untuk tidak melakukan konvoi dengan jumlah besar, dan itu sudah kita sampaikan kepada masing-masing laision officer (LO) paslon. Dan kita harapkan jalannya kegiatan debat dapat berlangsung aman tanpa ada kendala apapun,” ujar Kabag Ops.

Sementara itu Kasdim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, menyampaikan personel TNI dari Kodim 0424 yang diterjunkan sebanyak 10 orang dan akan dibantu dengan personel Koramil Kotaagung. Jumlah tersebut sesuai dengan permintaan dari KPU Tanggamus.

“Kita imbau kepada masyarakat, untuk melaksanakan pilkada dengan aman, nyaman, damai dan bermatabat. Intinya, jajaran TNI siap mendukung pelaksanaan debat kandidat, dan itu perlu kerjasama yang baik, karena tidak bisa bergerak sendiri,”kata Suhada Erwin.

Terpisah, Kasat Pol PP Kabupaten Tanggamus, Yumin mengaku siap membantu aparat TNI/Polri dalam melakukan pengamanan diacara debat kandidat.

“Jumlah personel yang kita turunkan sebanyak 40 anggota, mereka tersebar diluar maupun didalam lokasi debat. Kita berharap jangan sampai ada gesekan antar pendukung paslon, karena kedua paslon milik kita bersama, kalau terjadi gesekan tentu akan merugikan kita semua,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here