Puluhan Grup Rebana Ikuti Festival Rebana Disdikbud

102
BERI SAMBUTAN: Kepala Disdikbud Kabupaten Pringsewu Heri Iswayudi memberikan sambutan saat membuka Festival Rebana tingkat kabupaten tahun 2018 di Aula ?STKIP Muhammadiyah Pringsewu, Senin (7/5). FOTO: MUL

PRINGSEWU – Sebanyak 40 grup Rebana mengikuti‎ Festival Rebana tingkat kabupaten tahun 2018 ‎yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Pringsewu di Aula ‎STIKp Muhammadiyah Pringsewu, Senin (7/5) kemarin.

Kepala Disdikbud kabupaten Pringsewu, Drs. Heri Iswayudi ‎mengatakan pemerintah berkewajiban untuk ikut berpartisipasi melestarikan nilai budaya salah satu Disdikbud bisa dengan sebaik-baiknya.

“Tetapi belum bisa sepenuhnya baru ini Rebana untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa.  Kedepan kita perlu tingkatan dan kembang‎kan kewajiban pemerintah bersama tokoh adat dan masyarakat untuk ikut ‎melestarikan kebudayaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid kebudayaan pada Disdikbud Pringsewu, Safril Soleh ‎mengatakan  festival rebana ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah yang ada di Kabupaten Pringsewu. Sesuai dasar pelaksanaan Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan RI No 10 tahun 2014 tentang pedoman pelestarain tradisi dan Undang Undang No 5 tahun 2017 tentang pemajuaan kebudayaan.

“Kegiatan yang mengusung tema melalui perlombaan kesenian dan kebudayaan daerah, kita tumbuh suburkan kesenian dan kebudayaan daerah terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa, khusus di Bumi Jejama Secancanan menuju Pringsewu Bersenyum Manis,” ucapnya.

Menurut dia, tujuan festival rebana tahun 2018 untuk menumbuh kembangkan kesenian daerah dalam rangka menanamkan cinta budaya bangsa, membangun karakter, kecerdasan serta daya kompetitif bangsa.

“Selain itu juga mengangkat dan memopulerkan kesenian daerah untuk ‎memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian untuk menumbuh kembangan kecintaan masyarakat kabupaten Pringsewu karya budaya nusantara,”ucapnya.

Dijelaskan dia, untuk festival rebana yang diikuti pelajar dan masyarakat umum se-kabupaten Pringsewu  merupakan ‎perwakilan dari setiap -setiap kecamatan.

“Untuk dewan juri lomba festival rebana merupakan dari pekerja seni yang ada di kabupaten pringsewu. Kemudian bagi peserta yang meraih juara akan diberikan hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan,” tandasnya. (mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here