Pekon Gadingrejo Utara Realisasiskan Gorong-gorong

97
BANGUN GORONG-GORONG : Pekon Gadingrejo Utara realisasiskan pembangunan gorong-gorong dan paving block melalui program bantuan dana desa tahun 2018. FOTO ARIF

PRINGSEWU – Pekon Gadingrejo Utara Kecamatan Gadingrejo realisasiskan pembangunan gorong-gorong dan paving block melalui program bantuan dana desa tahun 2018 tahap pertama. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pekon setempat, M. Imron Said pada Harian Radar Pringsewu, Senin (7/5) kemarin.

M. Imron Said mengatakan mendapatkan bantuan dana desa tahun 2018 sebesar 727 juta. Menurutnya, mulai tahun ini mekanisme pencairan dana desa mengalami perubahan, dari dua tahap tahun sebelumnya, tahun ini menjadi tiga tahap. Yaitu, tahap pertama sebesar 20 persen dan tahap kedua serta ketiga sebesar 40 persen.

Untuk dana sebesar 20 persen, Imron Said mengatakan sedang dilaksanakan pembangunan gorong-gorong plat 4 titik di dusun 1,2 dan 4 dan pemasangan paving block sepanjang 220 m2 dusun 3. Kemudian permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Sedangkan rencana tahap kedua dan ketiga akan digunakan untuk pembangunan talud penahan tanah di dusun 1, 2, 3 dan 4. Pelebaran badan jalan di dusun 4, rabat beton di dusun 1, pembangunan gapura masuk gang 4 unit di dusun 1 dan 2. Kemudian pelatihan pertukangan kayu dan pelatihan peningkatan kapasitas aparat pekon.

Dia menjelaskan dana desa tahun 2017 juga telah dirampungkan untuk pembangunan fisik. Seperti pembangunan gedung poskesdes di dusun 4, talud penahan tanah (TPT) jalan dusun 1, 2, 3 dan 4 dan pembangunan saluran pembuangan air hujan (SPAH) di dusun 4.

Kemudian Imron Said mengatakan, selain DD mendapatkan, pihaknya pada tahun 2017 lalu mendapatkan ADP sebesar 531 juta. Selain untuk pembayaran siltap, dana tersebut digunakan untuk pembangunan kantor pekon Menurutnya, kantor pekon sangatlah penting bagi masyarakat dan aparatur pemerintahan pekon Gadingrejo Utara.

Dia mengaku berkat adanya bantuan dana desa dan alokasi dana pekon (ADP) diharapkan dapat menunjang pembangunan pekon-pekon yang ada di Kabupaten yang berjuluk Bumi Jejama Secancanan ini, khususnya Pekon Gadingrejo Utara. Karena menurutnya berkat adanya bantuan dana desa apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat bisa terwujud.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here