Wah,,! Ternyata Sejumlah Restoran Masih Pakai Elpiji 3 Kg

373
SIDAK: Dinas ESDM, Hiswana Migas Provinsi Lampung bersama Pertamina menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa restoran. FOTO ARIF

PRINGSEWU – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Provinsi Lampung bersama Pertamina menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa restoran di Kabupaten Berjuluk Bumi Jejama Secancanan, Kamis (3/5/2018).

Sidak dipimpin oleh Kabid ESDM Lampung Jefry Aldi, Sales Eksekutif (SE) PT. Pertamina (Persero) Widhi Tri Adhi Hidayat, dan Kabid LPG Hiswanamigas Lampung Adi Chandra. Sidak diawali dengan mengunjungi restoran Famili Raya, Kamang, Bakso Mie Ayam Wahyu, CV. Lezaktu Food Pekon Ambarawa, pangkalan gas Simbolon Pekon Ambarawa, Rumah Makan Bintang Samudra, Lesehan Teteh dan Lesehan D’Bakule.

Dalam sidak tersebut ditemukan beberapa rumah makan yang masih menggunakan tabung gas 3 kg subsidi. Diantaranya Restoran Famili Raya  ditemukan 17 buah tabung subsidi ukuran 3 kg yang keseharian habis 6 Р7 tabung. Sedangkan Restoran Kamang ditemukan 14 tabung gas ukuran 3 kg dengan pemakaian perhari 4 Р6 tabung, Rumah Makan Bintang Samudra 4 tabung dan Lesehan Teteh 4 tabung.

Untuk rumah makan yang masih menggunakan tabung 3 kg, tim sidak menyodorkan surat pernyataan di atas materi bahwa restoran tersebut berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan tabung gas ukuran 3 kg.

Kabid ESDM Lampung Jefry Aldi mengatakan, pihaknya melaksanakan tugas dalam rangka melakukan pengawasan pendistribusian dan penggunaan gas LPG bersubsidi (tabung 3 kg) di Bandar Lampung dan Kabupaten Pringsewu.

Ia menjelaskan, pemakaian gas LPG tidak boleh sembarangan karena hanya diperuntukkan untuk kalangan tidak mampu alias program subsidi pemerintah. Sementara untuk kalangan seperti hotel, restoran dan industri tidak diperbolehkan dan harus menggunakan LPG non subsidi

“Tujuan paling utama adalah pendistribusian LPG 3 kg agar tepat sasaran kepada rumah tangga miskin (RTM). Kami juga berharap distributor yang ada melayani dan distribusi tepat sasaran. Sehingga permintaan pada Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri terpenuhi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sales Eksekutif (SE) PT. Pertamina (Persero) Widhi Tri Adhi Hidayat, memastikan bahwa menjelang Ramadhan untuk persediaan tabung gas ukuran 3 kg di Lampung khususnya Pringsewu akan aman. Pihaknya mengaku akan menambah pendistribusian sampai dengan 32 persen, baik itu menjelang Ramadhan, Ramadhan, dan Pasca Ramadhan.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here