Jadi Motor Penggerak Program, Pj Bupati Puji Peran PKK

85
POTOMG TUMPENG: Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, didampingi Ketua TP PKK Tanggamus. Ny. Hartati Zainal Abidin memotong nasi tumpeng dalam Rakon TP PKK tahun 2018, di GSG PKK Komplek Pemkab Tanggamus. Foto Hanibal Batman

KOTAAGUNG – Tim Penggerak (TP) Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan salah satu lembaga yang telah diakui manfaatnya dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteran masyarakat. Sehingga tak bisa dipungkiri kehadiran PKK dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Demikian dikatakan Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin saat memberikan pengarahan pada rapat konsultasi (Rakon) PKK, di Gedung Serba Guna (GSG) PKK, Komplek Pemkab Tanggamus, Kamis (3/5).

Menurut Zainal, dalam pelaksanan undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah ditegaskan bahwa pemberian otonomi luas bagi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan dan peran serta masyarakat, pemerintah daerah akan kuat dan efektif apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat serta mitra kerja pemerintah, baik swasta dunia usaha dan lembaga kemasyarakatan.

“Gerakan PKK adalah satu lembaga kemasyarakatan yang telah diakui dalam meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan, Gerakan PKK telah mendapat pengakuan dan penghargaan baik dalam negeri maupun dari badan internasional dan ini harus kita tingkatkan,”kata Zainal.

Melalui rakon TP PKK Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yang megangkat tema “Integrasi perencanaan program PKK dalam mendukung keutuhan dan kerukunan keluarga, sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia”, dinilai Pj bupati sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, dimana di era demokrasi dan otonomi daerah program bisa berhasil apa bila ada jalinan kerja sama yang harmonis antara unsur ditingkat kabupaten dan tingkat kecamatan.

“Eksistensi gerakan PKK tidak diragukan lagi kontribusinya dalam membantu pemerintah untuk pembangunan dengan tim penggerak PKK sebagai motor penggerak. PKK sebagai mitra pemerintah selama ini telah banyak berbuat dan diakui peran serta keberhasilannya, dalam mendukung pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,”ucap Zainal.

Zainal juga berharap PKK dapat terus melahirkan ide/pemikiran yang kreatif dan membangun, melalui pemberdayaan masyarakat sehingga dapat memberikan peningkatan ekonomi keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga sehingga keluarga-keluarga di Indonesia menjadi lebih mampu maju dan mandiri, peran serta dan tanggung jawab kelembagaan PKK lanjutnya sangat dibutuhkan saat ini, ketika pemerintah dihadapkan pada dinamika masalah dan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara stimulan dan sistematis.

“Diharapkan di masa yang akan datang, gerakan PKK dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan dan berhasil dalam memposisikan dirinya sebagai mitra kerja,” kara pj bupati.

Masih kata pj bupati, bahwa PKK kabupaten dan PKK kecamatan hendaknya senantiasa mempererat harmonisasi dalam menjalin kerjasama, menyamakan presepsi serta misi dalam mewujudkan 10 program pokok PKK. “Sehingga memberikan kontribusi dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik,”pungkas Zainal.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Ny. Hartati Zainal Abidin menyampaikan, Rakon PKK merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahun sekali dan berjenjang, mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kecamatan. Tujuan dari Rakon sendiri adalah untuk menyampaikan hal-hal baru yang ada dan memperkuat keberadaan PKK di masyarakat.

“Alhamdulillah syukur, pemerintah telah banyak memberikan perhatiannya kepada PKK dalam bermitra untuk kesejahteraan masyarakat, karena TP PKK khususnya ditingkat bawah merupakan ujung tombak keberhasilan program pemerintah, dan itu mendapat respon positif dari pemerintah pusat yakni Presiden Jokowi, sehingga dikeluarkan kepres nomor 99 tahun 2017  tentang penguatan PKK ditingkat bawah,”ujarnya.

Dengan telah dibuatnya Kepres tentang penguatan PKK ditingkat bawah, lalu kemudian ditindaklajuti dengan permendagri, kedepan segala kegiatan PKK akan disampaikan ke presiden melalui Menteri dalam Negeri (Mendagri), tentunya hal itu memberikan dampak positif dan semangat bagi kader PKK hingga ketingkat bawah untuk terus berbuat bagi masyarakat, melalui kader PKK isu Nasional, juga terus diosialisasikan kepada masyarakat, baik itu pencegahan narkoba, tentang IVA, dan program unggulan tentang ketahan pangan keluarga.

“Gerakan PKK lebih mengutamakan ketahanan keluarga, baik itu dibidang pangan, kesehatan, dan pendidikan, bagaimana caranya keluarga dengan kondisi apapun, seperti memaksimalkan lahan pekarangan, dan memanfatkannya karena selain untuk ketahanan pangan juga dapat menambah income bagi keluarga itu sendiri, selain itu tim PKK juga diharapkan dapat ikut serta dalam musrenbang sehingga apa yang diinginkan dapat disampaikan oleh TP PKK,”paparnya.

Untuk TP PKK Kabupaten Tanggamus sendiri, menurutnya pihaknya telah melakukan pembinaan, pelatihan dan sosialisasi, melalui berbagai kegiatan seperti bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM), dan itu juga dilakukan berjenang hingga ketingkat bawah, mulai dari pembinaan dibidang kesehatan, pendidikan dan serta ketahanan pangan keluarga.

“Dan untuk saat ini saya lihat, TP PKK Tanggamus masih sangat semangat, dan respon masyarakat juga sangat baik, dengan semangat dan juga respon baik itulah nantinya kedepan kita inginkan program pemerintah dapat diimplementasikan hingga ketingkat bawah melalui PKK Kabupaten, kecamatan dan juga pekon, karena kita juga merupakan mitra dari pemerintah,” kata Hartati. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here