Pekon Tambahrejo Barat Bangun TPT

95
BANGUN INFRASTRUKTUR: Pekon Tambahrejo Barat Kecamatan Gadingrejo melaksanakan pembangunan talud penahan tanah, drainase dan penimbunan badan jalan. FOTO ARIF

PRINGSEWU – Pekon Tambahrejo Barat, Kecamatan Gadingrejo melaksanakan pembangunan talud penahan tanah, drainase dan penimbunan badan jalan. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Pekon Tambahrejo Barat Fajar Setiadi pada Radar Pringsewu, Kamis (26/4) kemarin.

Fajar Setiadi mengaku mendapatkan bantuan dana desa tahun 2018 sebesar Rp. 691 juta. Sesuai hasil musyawarah dana tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur merata di seluruh dusun. “Kami mewujudkan keinginan masyarakat membangun infrastruktur,”  pungkasnya.

Fajar menyatakan, untuk tahap pertama sebesar 20 persen telah direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti drainase volume 48,42 m3 dusun 1dan 3, talud penahan tanah 44,50 m3 dusun 2 dan penimbuan badan jalan 13,5 m3 dusun 3. Sedangkan bidang pemberdayaan meliputi pelatihan kepala pekon dan aparaturnya dan penyertaan permodalan BUMdes.

Sedangkan untuk dana desa tahun 2017 lalu juga telah digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti pembuatan talud dan badan jalan 262 meter dusun 3, drainase sepanjang 826 meter di dusun 1, 2, 3, pembangunan gorong-gorong 1 titik di dusun 3, pembangunan paving block 1 dan 2 volume 360 meter.

Kemudian pembangunan saluran pembuangan air limbah (SPAL) sepanjang 544 meter di dusun 1, 2 dan 3, rehab gedung TK dusun 2, pengadaan sarpras PAUD dusun 2 dan pengadaan sarpras poskesdes dusun 2. Lalu kegiatan pelatihan dan pemberdayaan seperti, pelatihan Simkoudes aparat pekon, pelatihan pengurus BUMDES, pelatihan kelompok usaha ekonomi, pelatihan kader PKK.

Fajar menilai bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang kemajuan pekon.”Dana ini sangat banyak manfaatnya untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat. Sebab, dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat, agar menjadi lebih mandiri dalam upaya meningkatkan perekonomiannya,” terangnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here