Pelaksanaan UN SMP Berlangsung Lancar Empat Siswa Bakal Ikuti UN Susulan

168
TINJAU UNBK : Pj Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin,M.T meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kotaagung. (Foto Rio Aldipo)

KOTAAGUNG – Pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sederajat tahun 2018 di Kabupaten Tanggamus hingga hari terakhir 26 April berlangsung lancar.Kendati demikian, empat siswa harus mengikuti UN susulan, rinciannya tiga siswa dari hari pertama hingga terakhir tidak ikut dan satu siswa lagi tidak ikut di pelajaran Bahasa Inggris.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Johansyah, melalui Kabid Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) Indra Prisma mengatakan, lancarnya UN ada pada pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN Kertas Pensil (UNKP). Itu terjadi sejak pelaksanaan pertama empat hari lalu sampai hari terakhir, Kamis (26/4) dalam kurun waktu itu tidak ada kendala pemadaman listrik,

“Meski tidak ada pemadaman namun pihak sekolah sudah menyiapkan generator listrik sebagai cadangan listrik apabila ada pemadaman. Begitu juga dengan jaringan internet tidak ada masalah, sebab di posko tidak ada yang terima laporan gangguan internet, ujar Indra Prisma, Kamis (26/4).

Ia menjelaskan di Tanggamus untuk sekolah yang gelar UNBK ada 36 sekolah baik SMP dan MTs. Dari jumlah tersebut terbagi lagi sekolah yang miliki perangkat sendiri ada 19 sekolah. Kemudian yang menggabung ke sekolah lain, baik itu di SMA atau sekolah setingkat SMP ada 17 sekolah. Adapun untuk sesi sekolah yang terapkan UNBK  yakni pukul 7.30 WIB, pukul 11.00 WIB dan pukul 13.00 WIB.

“Tujuan agar perangkat komputer yang ada dapat dirasakan oleh seluruh siswa. Sebab tentunya berat juga jika sekolah miliki jumlah komputer sama dengan jumlah siswa yang akan UN. Jumlah siswa yang ikuti UNBK sebanyak 4.012 siswa dari 36 sekolah, dan ada empat siswa harus ikuti UN susulan, dua siswa di wilayah Kecamatan Sumber Rejo sejak awal tidak ikuti, dan satu di Bandar Negeri Semong, absen pada jadwal bahasa Inggris, dan sat siswa lainnya di Kecamatan Ulubelu, tidak ikut UNKP,”terangnya.

Sedangkan untuk soal UNKP, ia mengaku pelaksanaannya pun lancar. Tidak ada laporan sekolah yang terkendala dengan soal dan lembar jawaban. Kemudian teknis lembar jawaban dari tiap sekolah dikumpulkan di Posko UN di SMPN 1 Gisting. Selanjutnya dikirim ke Disdik Bandar Lampung untuk koreksi. Di Tanggamus, ada 55 sekolah yang laksanakan UNKP.

“Untuk pelaksanaan UNKP, sistem yang diterapkan tidak berubah dari pelaksanaan UN selama ini. Peserta UN hanya mengikuti satu sesi saja yakni pukul 7.30 WIB sampai 9.00 WIB, seluruh siswa yang ikut UN berjumlah 6.139 siswa di kelompok SMP, dan 2.978 siswa di MTs. Maka total seluruhnya baik SMP dan MTs 9.117 siswa,”terangnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here