Ratusan Ekor Tikus Berhasil Dibasmi

1081
KELOMPOK Tani (Poktan) Tunas Harapan bersama Poktan Tani Mekar Sari Pekon Sidoharjo kecamatan Pringsewu melakukan gropbyok basmi tikus. FOTO: MULYONO

PRINGSEWU – Kelompok Tani (Poktan) Tunas Harapan bersama Poktan Tani Mekar Sari Pekon Sidoharjo kecamatan Pringsewu melakukan gropbyok basmi tikus. Sedikitnya 100 ekor tikus berhasil dibasmi pada gropyokan seluas lahan 47 hektar dan 23 hektar.

Kegiatan yang diikuti oleh PPL Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu Dian,   Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) kecamatan Pringsewu Nur Diana dan para anggota kelompok tani tunas harapan dan kelompok tani mekar sari pekon sidoharjo.

Ketua kelompok Tani Tunas Harapan Pekon Sidoharjo, Jumino mengatakan kegiatan gropbyok tikus dilakukan setelah panen padi dan menjelang musim tanam padi, kegiatan ini sering dilakukan.

“Kegiatan Gropbyok tikus dilakukan dengan luas lahan 47 hektar dan 23 hektar untuk membasmi hama tikus sehingga bisa berkurang yang menggangu masa tanam padi. Pada grobyok tikus kali ini ada sekitar 100 ekor tikus yang berhasil didapat dari setiap lahan persawahan,”katanya, Rabu (25/4).

Sementara itu,  POPT Kecamatan Pringsewu, Nur Diana mengatakan tingkat kerusakan karena hama tikus bisa mencapai 100 persen dan dengan gropbyok tikus tingkat kerusakan bisa menurun sampai 60 persen.

“Gropbyok tikus seharusnya wajib dilakukan oleh setiap kelompok tani sebagai kegiatan pengendalian tikus dan untuk menekan hama tikus khususnya, ” Pungkasnya. (mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here