Lapor, !! Banyak Talud Ambrol Badan Jalinbar Nyaris Tergerus

132
TALUD AMBROL : Badan jalan lintas barat (Jalinbar) di Pekon Sukaraja, Kecamatan Gunungalip, nyaris tergerus. Pasalnya, talud penahan badan jalan sudah ambrol akibat diterjang banjir, beberapa waktu lalu. (Foto Uji Mashudi)

GUNUNGALIP – Talud penahan badan jalan yang berada diruas jalan lintas barat (Jalinbar) Kabupaten Tanggamus kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, terdapat sejumlah titik talud yang kondisinya ambrol.

Pantauan Radar Tanggamus, beberapa titik talud penahan badan jalan yang kondisinya ambrol itu berada di ruas Jalinbar Pekon Sukaraja Kecamatan Gunungalip, Pekon Umbulbuah Kecamatan Kotaagung Timur dan Pekon Sanggiunggak Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Namun yang terparah berada di Jalinbar Pekon Sukaraja Kecamatan Gunungalip. Dimana, terdapat sedikitnya dua titik talud yang kondisinya ambrol, bahkan satu diantaranya hampir menggerus aspal jalan.

Khairudin, salah seorang warga setempat mengatakan, kerusakan talud penahan badan jalan di Jalinbar Pekon Sukaraja Kecamatan Gunungalip itu sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir, namun hingga kini belum diperbaiki.

“Talud ini rusak karena diterjang banjir luapan air siring beberapa waktu lalu, tapi sampai sekarang belum juga dilakukan perbaikan oleh pemerintah, ” katanya, kemarin (25/4).

Menurutnya, setiap hari talud penahan badan jalan tersebut kian terkikis, hal itu dikarenakan adanya air siring yang masuk ke celah retakan talud.”Jadi talud yang tadinya nggak ambrol jadi ikut ambrol karena air siring masuk ke celah talud, ” ujar Khairudin.

Menurutnya, kerusakan talud penahan tanah itu harus segera diperbaiki. Pasalnya, jika terus dibiarkan maka kerusakannya akan semakin parah dan bisa mengancam ruas jalinbar.”Sekarang saja sudah hampir menggerus badan jalan. Dan kalau terus dibiarkan saya yakni badan jalan ini akan ambrol, ” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanggamus Riswanda Djunaidi melalui melalui Kepala Bidang Bina Marga Ishak Basuki mengatakan, perbaikan talud ambrol tersebut merupakan wewenang pemerintah pusat karena talud tersebut berada di jalan lintas antar provinsi.

“Perbaikan talud itu sebenarnya adalah wewenang pusat, karena berada di jalan nasional. Meski begitu akan kita coba upayakan dengan menyampaikannya ke pusat, ” pungkasnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here