Bakal Bangun TPT Pakai DD

95
WAKIL Bupati Pringsewu Hi.Fauzi memberikan cindermata kepada Sekretaris Daerah Kota Malang Drs.Wasto. FOTO MULYONO

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo melaksanakan pembangunan talud penahan tanah (TPT) melalui program bantuan dana desa tahun 2018. Tujuan pembangunan TPT adalah upaya untuk mencegah banjir saat musim hujan terjadi.

Kepala Pekon Tegalsari Suharto mengatakan mendapatkan bantuan dana desa tahun 2018 sebesar 893 juta. Menurutnya mulai tahun ini mekanisme pencairan dana desa mengalami perubahan, untuk tahap pertama sebesar 20 persen, kedua dan ketiga sebesar 40 persen.

“Untuk tahap pertama sebesar 20 persen mulai hari ini sedang kami realisasiskan untuk pembangunan TPT sepanjang 547 meter jalan Anggrek Dusun 3, TPT jalan Nusa Indah 535,5 meter di dusun 3,” ujar Suharto pada Radar Pringsewu, Rabu (25/4).

Sedangkan untuk tahap kedua dan ketiga akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti

TPT dusun 1 dan 2, gorong-gorong buis beton 4 titik di dusun 1, 2, dan 3, gorong-gorong plat beton 1 titik di dusun 1, jembatan beton di dusun 4, lapangan futsal di dusun 4 dan pengadaan sarpras PAUD/TK Baitul Hikmah di dusun 3.

Terkait bantuan dana desa tahun 2017 lalu Suharto mengungkapkan pihaknya mendapatkan bantuan dana desa sebesar 809 juta. Untuk tahap pertama sudah dipergunakan untuk pembangunan talut penahan tanah (TPT) di dusun 1 dan 2 dan penyertaan modal BUMdes.

Selanjutnya, untuk bantuan dana desa tahap kedua dipergunakan untuk membangun talut penahan tanah (TPT) di dusun 1 dan 3 dan pembangunan saluran pembuangan air hujan (SPAH) di dusun 1. Kemudian ada kegiatan pelatihan siskeudes bagi sekretaris dan bendaraha pekon serta pelatihan kepala pekon.

Suharto mengungkapkan tujuan pembangunan talud penahan tanah (TPT) dan saluran pembuangan air hujan (SPAH) adalah upaya pencegahan banjir dan longsor dalam menghadapi musim penghujan. “Diharapkan dengan pembangunan tersebut masalah banjir dapat teratasi,” ujar Suharto.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here