Pekon Bulukarto Bangun Jalan Rabat Beton Pakai DD

808
BANGUN RABAT: Untuk memudahkan akses transportasi masyarakat, Pekon Bulokarto Kecamatan Gadingrejo membangun jalan rabat beton. FOTO ARIF

PRINGSEWU – Untuk memudahkan akses transportasi masyarakat, Pekon Bulokarto Kecamatan Gadingrejo membangun jalan rabat beton. Pembangunan tersebut menggunakan bantuan dana desa tahun 2018 tahap pertama.

Sekretaris Pekon Bulokarto Agus Harisubowo menyatakan, pada tahun ini pihaknya mendapatkan bantuan dana desa sebesar 764 juta. Sesuai dengan hasil musyawarah rencana pembangunan dengan masyarakat, bantuan tersebut dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Dia melanjutkan, untuk bantuan dana desa tahap pertama sebesar 20 persen dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur. Seperti, pembangunan drainase dengan volume 77 m3 dusun 1, rabat beton dusun volume 32 m3 dusun 2. “Pembangunan rabat beton diharapkan dapat memudahkan akses transportasi masyarakat,” pungkasnya, Selasa (24/4).

Untuk tahap pertama juga, Agus mengaku akan digunakan untuk 2 kegiatan pemberdayaan. Pertama pelatihan aparat pekon dan perangkat dan penambahan modal BUMdes. “Untuk BUMdes akan kami pergunakan untuk membuka agen gas LPG,” pungkasnya.

Sedangkan, rencana tahap 2 dan 3 Agus menjelaskan akan dipergunakan untuk pembangunan drainase dusun 2 dan talud penahan tanah (TPT) di dusun 1. Khusus pemberdayaan, ada pelatihan kelompok perempuan, kelompok tani dan kelompok pemuda.

Agus menilai, dengan adanya bantuan dana desa dapat menunjang percepatan pembangunan di pekon. Untuk itu dirinya berharap bantuan dana desa kedepan dapat terus digulirkan. “Kami harapkan bantuan dana desa kedepan dapat terus digulirkan,”  katanya.

Disamping itu, dirinya mengajak masyarakat Pekon Bulokarto untuk menjaga hasil pembangunan yang telah dibangun melalui program bantuan dana desa dan bantuan pemerintah yang lainnya. “Bantuan dana desa itu dari rakyat untuk rakyat. Dengan masyarakat turut menjaga tentunya bangunan akan lebih awet,” pungkasnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here