Jalan Sepanjang 3 kilometer masih Berupa Tanah

618
Ilustrasi

AIRNANINGAN – Akses jalan sepanjang 3 kilometer yang berada di Pekon Sinarjawa, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus masih berupa jalan tanah. Alhasil, bilamana musim penghujan jalan tersebut menjadi becek dan jika musim kemarau jalan itu berdebu.

Padahal di penghujung jalan tersebut, terdapat wisata air terjun yang masih alami, lantaran belum banyak terjamah oleh para wisatawan yang haus akan wisata alam. Dan tentunya potensi ini jika dikembangkan akan menjadi potensi wisata yang mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata.

“Tapi ya itu tadi, akses jalan untuk menuju wisata air terjun yang warga sekitar memberi nama sang arus di bangun terlebih dahulu. Karena bilamana melihat kondisi jalan yang saat ini masih berupa tanah, saya rasa para wisatawan baik lokal maupun luar Kabupaten ini enggan untuk mendatanginya.” Ujar Rahman, salah seorang masyarakat setempat.

Ia mengatakan,  jalan itu memang belum pernah sama sekali tersentuh pembangunan  sejak pertama kali Pekon Sinar Jawa berdiri. Oleh sebab itu, dirinya dan warga Pekon lainnya mengharapkan adanya bantuan pembangunan jalan, agar potensi wisata yang ada bisa menjadi salah satu wista yang di unggulkan.

“Lokasi air terjun nya masih sangat asri sekali, tingginya pun tak kalah dengan air terjun lembah pelangi, yakni sekitar 50 meter lah. Pokoknya masih alami lah belum banyak dijamah oleh wisatawan,” paparnya.

Ditambahkannya, selain potensi wisata air terjun. Jalan tersebut juga menjadi akses satu-satunya warga dalam hal mengangkut hasil bumi. Selama ini, warga yang mayoritas petani kebun merasa kesulitan dalam hal pemasaran hasil buminya. Terutama bilamana hujan mulai mengguyur, maka sudah pasti mengganggu  aktivitas.

“Kalau aksesnya sudah dibangun tentu akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan warga, baik dari sektor wisatanya dan maupun sektor pertanian,” pungkasnya.(uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here