Hindari Penyerapan APBD Rendah, Pj Bupati Warning OPD

298
Pj Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin

KOTAAGUNG – Untuk menghindari terjadinya keterlambatan terhadap penyerapan anggaran seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Tanggamus diminta untuk segera menyiapkan program pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

Menurut Pj Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin,M.T, selain menghindari penyerapan APBD rendah, upaya mempercepat penyusunan program ini juga agar tidak terjadi kualitas pelaksanaan kegiatan yang kurang memadai, disebabkan pekerjaan dilakukan secara terburu-buru.

Ditambahkan Zainal, program APBD 2018 tinggal pelaksaannya lagi, untuk itu diminta setiap OPD harus bisa merealisasikan anggaran sesuai dengan juklak dan juknisnya, terutama penyerapa anggaran yang harus menyentuh masyarakat langsung sehingga apa yang sudah dianggaran tidak sia-sia.

“Saya minta segenap jajaran OPD Pemkab Tanggamus untuk memantapkan persiapan pelaksanaan berbagai program pembangunan yang telah dianggarkan dan ditetapkan dalam APBD Tahun 2018, agar tidak terjadi keterlambatan serapan anggaran serta tidak terjadi kualitas pelaksanaan kegiatan yang kurang memadai, disebabkan pekerjaan yang dilakukan secara terburu-buru,’’ kata Zainal, kemarin.

Dilanjutkan, Zainal, seluruh program maupun kegiatan yang termuat dalam APBD tersebut diarahkan agar selaras dan mendukung pencapaian tema pembangunan daerah Tahun 2018 seperti percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Dana yang telah dianggarkan itu harus benar-benar dilaksanakan, jangan sampai ada penyimpangan. Pelaksanaanya sesuai dengan aturan yang ada,”pintanya.

Dalam kesempatan itu, seluruh ASN diajak untuk selalu berkomitmen melakukan progres terhadap berbagai program kerja pemerintah daerah, guna percepatan pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, dan selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing, dalam rangka mewujudkan tata kerja birokrasi serta pelaksanaan tugas dan fungsi ASN yang profesional dan bertanggungjawab.

“Jika semua OPD atau ASN sebagai pelaksana bisa melaksanakan kinerja sesuai dengan aturan maka pembangunan di Tanggamus akan merata, yang akhirnya bermuara pada kesejahtraan masyarakat itu sendiri,” pungkas Zainal.(zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here