90 Pekon Terima DD Tahap I

257

KOTAAGUNG – Dari 299 pekon di Kabupaten Tanggamus,sebanyak 90 pekon sudah menyelesaikan laporan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes). Itu artinya 90 pekon tersebut sudah menerima pencairan dana desa (DD) tahap I 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Tanggamus Idham Khalid, mengatakan, saat ini pekon yang mengajukan pencairan DD tidak seperti biasanya melainkan bertahap tidak langsung sekaligus, antara dua sampai tiga pekon, dulunya pekon yang mengajukan bisa mencapai 30 hingga 50 pekon.

“Sedikitnya pekon yang mengajukan pecairan DD akibat perubahan syarat pencairan yang berubah dibanding tahun-tahun lalu. Saat ini untuk pencairan tahap I, pekon diwajibkan serahkan APBDes 2018,”kata Idham Khalid, kemarin.

Ia menambahkan tahun ini ada tiga termin pencairan dengan persentase , pencairan 20 persen tahap I dan 40 persen masing-masing pencairan tahap II dan III. Sedangkan untuk tahap I saat ini tiap pekon menerima kisaran Rp 200 juta, melihat dari besaran jumlah DD tersebut, anggaran tersebut sangat dimungkinkan untuk keperluan insentif aparatur pekon.

“Dari 90 pekon itu rinciannya 20 pekon di Kecamatan Cukuhbalak atau sudah seluruhnya, Ulu Belu 16 pekon dan Kelumbayan yang juga sudah seluruhnya, delapan pekon di Kecamatan Talang Padang, Pematangsawa 10 pekon, Kecamatan Kotaagung dua pekon,Gisting tujuh pekon, Gunung Alip satu pekon, Bandar Negeri Semong satu pekon, Kelumbayan Barat enam pekon, dan sembilan pekon di Kecamatan Pulau Panggung,”terang Idham.

Adapun untuk pekon yang belum mengajukan pencairan DD tahap I yakni pekon-pekon di Kecamatan Bulok, Limau, Sumberejo, Airnaningan, Kotaagung Barat, Kotaagung Timur, Barat, Semaka, Wonosobo serta Pugung.

“Mungkin yang belum ajukan pencairan maunya secara serempak, bersama-sama tidak satu persatu, atau ada kendala karena masih ada kesalahan dalam laporan APBdes, untuk hal ini tidak ada sanksi, akan tetapi risikonya realisasi DD akan menjadi terhambat,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here