P2JN Perbaiki Jalinbar Batukeramat

339
DIPERBAIKI: Jalinbar ruas Pekon Batukeramat Kecamatan Kotaagung Timur yang longsor beberapa waktu lalu kini sudah mulai diperbaiki. FOTO IQBAL

KOTAAGUNG — Badan jalan yang longsor jalan lintas barat (Jalinbar) ruas Pekon Batu Keramat Kecamatan Kotaagung Timur sudah mulai diperbaiki.

Darmawan, pengawas lapangan dari P2JN Sanggi Wolter Monginsidi, Bandar Lampung, mengatakan perbaikan  difokuskan pada pembuatan bahu jalan, hal ini dilakukan agar memperkuat badan jalan. Sebab selama ini bahu jalan sudah habis terkikis dan akhirnya longsor.

“Kami akan membuatkan bahu jalan selebar dua meter, untuk hal itu maka ditambah gorong-gorong dan beronjong baru pembuatan bahu jalan,” ujar Darmawan, kemarin.

Masih menurutnya dalam pemasangan tidak ada pembongkaran badan jalan, sebab gorong-gorong di bawah badan jalan masih kuat. Hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki dan menambah alur gorong-gorong pada titik keluarnya air. Bagian itulah yang menjadi bagi jalan nantinya.

“Kalau tidak ditambah gorong-gorong baru nanti gorong-gorong di bawah jalan bisa tersumbat dan itu membuat kerusakan baru pada jalan. Jadi agar berfungsi harus ada tambahan gorong-gorong baru,”terang Darmawan.

Ia menambahkan, lokasi ini ada sungai kecil yang airnya dilewatkan pada dua alur gorong-gorong. Itu merupakan gorong-gorong utama. Kemudian sebelum longsor juga ada penguat talud penahan tebing. Talud itulah yang mengalami kerusakan dan dan membuat longsor bahu jalan.

“Panjang jalan yang diberonjong sekitar delapan meter, dengan ketinggian sementara ini dua meter. Dan nanti permukaan teratas akan digunakan untuk bahu jalan. Harapannya dengan penambahan alur gorong-gorong maka tanah untuk bahu jalan tidak longsor,”tandasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here