Hahh,,!, Ratusan KK Belum Punya Jamban Sehat

328

PRINGSEWU – Hingga saat ini tercatat sebanyak 160 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Banyumas belum memiliki jamban sehat. Hal tersebut diungkapkan KUPT Puskesmas Banyumas Subani saat meninjau warga yang belum memiliki jamban sehat di Pekon Sinar Mulya bersama unsur uspika kecamatan setempat, kemarin.

Untuk itu, Subani mengaku akan lebih giat lagi turun ke lapangan dengan berkeliling pekon untuk memastikan bahwa Kecamatan Banyumas benar – benar memiliki akses jamban sehat. “Sesuai dengan himbauan wakil Bupati, bahwa ditargetkan semua pekon di Pringsewu memiliki akses jamban sehat sampai dengan 29 April 2018 mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pekon Sri Rahayu Muhammad Thoha mengaku untuk saat ini di pekonnya tercatat hanya dua kepala keluarga yang belum memiliki jamban sehat. Untuk, itu demi menyuksekan program STOP BABS, dirinya akan mengupayakan semaksimal mungkin dua warga tersebut memiliki akses jamban sehat.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Gadingrejo Elita Wati menyatakan, di Kabupaten Pringsewu terdapat 13.000 KK yang belum memiliki jamban sehat, sedangkan Kecamatan Gadingrejo mencapai 1.069 KK. Dia menilai, masih banyaknya warga yang belum memiliki jamban sehat dikarenakan sebagian besar masyarakat belum sadar arti pentingnya hidup sehat.

Padahal, lanjutnya, pada tanggal 30 April 2018 akan diadakan peresmian tugu ODF yang berlokasi di Pekon Pujiharjo Kecamatan Pagelaran. Pada acara tersebut akan dihadiri oleh tamu dari Kementerian Kesehatan dan juga kepala daerah se – Indonesia. Untuk itu, katanya, sesuai pesan Bapak Wakil Bupati agar semua pekon untuk bisa ODF sebelum tanggal 29 April 2018.

“Bapak Fauzi berpesan kepada seluruh pekon untuk ODF paling lambat tanggal 29 April 2018. Kami selaku tim STBM Kecamatan Gadingrejo menghimbau kepala pekon untuk ikut menyuksekan program ini. Nantinya juga ada tiga OPD yang akan menjadi tim Gebrak untuk membantu, yaitu Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR Pringsewu,” paparnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here