126 Pekon Sudah Siap Laksanakan PKT

141
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu Malian Ayub

PRINGSEWU – Sebanyak 126 pekon di Kabupaten Pringsewu siap melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT )  yang akan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018.

“Hal ini guna mendukung percepatan pengentasan kemiskinan di pekon pekon di Pringsewu pada 2018 melalui program PDT (cash for work) yang akan menggunakan dana desa,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu Malian Ayub, Kamis (19/4).

Menurut Mailan, Bahwa Pemerintah RI melalui Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan agar dana desa bisa segera dicairkan pada awal tahun 2018 untuk mendukung dan segera melaksanakan program kerja padat karya tunai di pekon.

“Jadi, program padat karya tunai (cash for work) merupakan bentuk komitmen Pemerintah untuk terus mendorong optimalisasi dana desa demi mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dengan memberikan afirmasi pada pekon pekon tertinggal. Selain itu juga pada pekon  sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin serta tingkat stunting yang tinggi,”kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan  dan Pengembangan Pekon DPMP kabupaten Pringsewu, Tri Haryono menambahkan bahwa Program padat karya tunai di pedesaan disebut pula sebagai cash for work di mana suatu proyek atau pekerjaan di pekon dilakukan secara swakelola dan pekerja proyek diupah harian. Program padat karya di pekon itu dilakukan melalui skema dari penggunaan dana desa.

“Untuk menindaklanjuti kesegeraan pelaksanaan program kerja padat karya tunai di pekon. Pemerintah memberikan sejumlah arahan yang tertuang dalam Optimalisasi Lapangan Kerja di Desa (Padat Karya). Arahan ini ditujukan kepada pihak  terkait dan juga seluruh Kepala Pekon agar segera dilaksanakan” tandasnya. (mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here