Kader Posyandu Didorong Semakin Hebat

44

PRINGSEWU – Pemerintah Pekon Sri Rahayu Kecamatan Banyumas mengadakan pembinaan peningkatan kader posyandu di balai pekon setempat, Rabu (18/4) kemarin. Hadir dalam acara tersebut, Kakon, Sekretaris pekon, pendamping desa dan para kader posyandu.

Dalam kesempatan tersebut, staf Puskesmas Banyumas Heppy Siam Sasi mensosialisasikan upaya kesehatan gigi masyarakat desa (UKGMD). Menurutnya, UKGMD adalah suatu pendekatan edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan gigi.

“Sedangkan tujuan UKGMD adalah meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan, dan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan gigi. Dan meningkatkan status kesehatan gigi masyarakat secara optimal melalui upaya promotif dan preventif,” pungkasnya.

Sasaran UKGMD adalah semua masyarakat yang berpenghasilan rendah dan diutamakan bagi kelompok rentan penyakit gigi mulut yaitu golongan balita, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia. Kegiatan UKGMD yang dilaksanakan di posyandu yaitu: pemeriksaan kesehatan gigi, memberikan penyuluhan tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, dan pelatihan kader.

Dirinya pun kemudian memaparkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pertama, gosok gigi secara benar dan teratur 2 kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam, lama menyikat gigi 2-3 menit . Gunakan benang gigi/dental Hossing dan obat kumur. Penggunaan Pasta gigi yang mengandung auon.

Selanjutnya, makan makanan yang berserat. Periksa gigi secara teratur ke puskesmas. Lalu, cara memilih sikat gigi yang benar adalah pilih gagang lurus, kepala sikat sesuai dengan mulut. bulu sikat halus, 3 bulan sekali mengganti sikat gigi dan memilih odol yang daya bersihnya bagus dan rendah daya abrasif.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here