Tak Mau Tercamar Karena Pungli, Masyarakat Belu Bongkar Pos LJ

95
SUKARELA DIBONGKAR: Masyarakat Pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat dengan sukarela membongkar bangunan Pos Lintas Jasa (LJ). Pembongkaran yang ini dilakukan masyarakat karena tidak mau kampungya dicap sebagai sarang pungli. Foto: Humas Polres Tanggamus

KOTAAGUNGBARAT – Sebuah bangunan berbentuk pos dijalinbar Pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat akhirnya dibongkar, Senin sore (16/4). Pembongkaran ini dilakukan secara sukarela oleh masyarakat pekon setempat yang dibantu aparat kepolisian dari Polres Tanggamus dan Kompi 4 Brimobda Lampung.

Kesadaran masyarakat Pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat untuk membongkar sendiri pos lintas jasa (LJ) di pekon setempat tentu patut diapresiasi.Kabag Ops, Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan mewakili Kapolres Tanggamus didampingi Komandan Kompi 4 (Danki-4) Brimob Polda Lampung Iptu Dimas Putra Kembaran, mengatakan pembongkaran dilakukan setelah berkoodinasi dengan Kepala Pekon Belu.

“Hasil koordinasi Polres Tanggamus, Kompi 4 Brimob, aparatur pekon dan masyarakat setempat. Masyarakat bersedia secara sukarela merobohkan pos LJ tersebut,” ungkap Kompol Aditya Kurniawan mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma.

Dilanjutkan Aditya, rasa sukarela warga merobohkan pos karena masyarakat sekitar tidak ingin wilayahnya tercemar karena kegiatan Pungli. Bahkan kedepannya penertiban juga akan dilaksanakan secara merata di tempat-tempat yang masih menjadi pos pungli di Jalinbar Tanggamus.

“Dengan adanya back up dari Sat Brimob diharapkan situasi di Tanggamus menjadi semakin aman dan kondusif, Apalagi menjelang puasa ramadhan dan idul fitri,” ujar Aditya.

Ditambahkan Danki-4 Brimob Iptu Dimas Putra Kembaran, mengatakan, pihaknya Minggu (15/4) Kompi-4 Brimob menerima laporan adanya pungi di pos LJ. “Guna merespon keluhan masyarakat yang melintas di jalur tersebut, Senin pagi kami berkoordinasi dengan Polres guna melakukan penertiban. Namun atas kesadaran masyarakat, masyarakat bersedia membongkar sendiri pos tersebut,” pungkasnya.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here