Banggar Klaim Pemkab Belum Serahkan LKPj 2017

70
Pahlawan Usman

KOTAAGUNG—Belum diserahkannya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2017 dari Pemkab Tanggamus ke DPRD setempat menjadi perhatian dari anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Tanggamus.

Padahal jika mengacu pada peraturan yang berlaku, seharusnya di Maret 2018 LKPj sudah selesai di bahas, pemerintah seolah santai dalam mengajukan laporan anggaran yang sudah terserap itu.

Anggota Banggar DPRD Kabupaten Tanggamus, Pahlawan Usman kepada Radar Tangamus mengatakan, seharunya LKPj itu sudah selesai dibahas pada Maret lalu, karena tiga bulan dari awal tahun semua anggaran yang sudah diserap sudah dibahas bahkan sudah selesai dirapatkan, sementara ini tidak.

” LKPj tahun 2017 tidak kunjung di bahas. Kalau begini sama aja pemerintah itu melanggar aturan, karena aturan yang harus diikuti justru tidak,”ujarnya.

Politisi PKS ini melanjutkan, dari masing-masing dinas anggaran yang diserap itu dikemas melalui LKPj kemudian pemerintah menyampaikan ke DPRD Tanggamus sebelum di bahas akan di evaluasi ulang dana yang sudah di serap, namun sampai sekarang LKPj tidak kunjung mereka terima. Hal inilah yang membuat DPRD Tanggamus geram.”Waktunya sudah mepet ini. Di Provinsi Lampung hanya Tanggamus LKPj yang belum dibahas,”tegas Pahlawan Usman.

Menurutnya, upaya Anggota DRPD Tanggamus dalam hal ini sudah dilakulan dengan cara menegur Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus dan pimpinan dewan lainnya. Mereka beralasan lambannya mengajukan LKPj ke DPRD itu karena beberapa dinas belum menyusun LKPj- nya.

“Ya, kalau itu masalahnya saya rasa ini hanya alasan klasik, terus tugas mereka selama ini apa, kenapa sampai terlambat. Ini masalah serius yang harus dibenahi,” sergah Pahlawan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus, Andi Wijaya membantah jika  LKPj tahun 2017 belum juga disampaikan ke DPRD Tanggamus. Menurutnya, LKPj tahun 2017 sudah di sampaikan ke DPRD beberapa waktu lalu dan saat ini pemerintah tinggal menunggu kapan akan di paripurnakan.”Lah, kok nanya ke kami, tanya dong sama dewan kapan LKPj tahun 2017 itu di paripurnakan atau dibahas. LKPj nya sudah kita sampaikan,” kata sekda. (zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here