Apdesi Lampung Imbau Kakon Netral

21
Ketua DPD Apdesi Lampung Suhardi Buyung

KOTAAGUNG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Lampung, Buyung Suhardi mengimbau kepala pekon (Kakon) se- Kabupaten Tanggamus tidak ikut dalam proses dukung mendukung dalam Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Tanggamus yang akan digelar 27 Juni mendatang.

“Secara prosedur, kita tidak membenarkan aparat pemerintahan pekon ikut kampanye calon bupati dan wakil bupati. Kami telah mengintruskikan agar mereka menolak praktik jual beli suara,” kata Buyung Suhardi, kemarin.

Ia melanjutkan, Apdesi mendukung KPU untuk menyelenggarakan pemilihan umum secara jujur, adil, rahasia, aman dan damai.”Kami menyerukan kepada komponen  masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Pilkada secara langsung, dengan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani,” kata Buyung saapan akrabnya.

Menurutnya, sebagai perangkat pekon kakon adalah pelayan masyarakat bukan malah mengurusi politik meski jabatan kakon adalah jabatan politik yang juga notabennya dipilih langsung oleh masyarakat, tapi yang melarang kakon turut mengurusi adalah aturan.

“Gak boleh kakon terlibat politik, apalagi memihak atau menguntungkan salah satu calon, itu tidak boleh,”tegasnya.

Bukan hanya diduni nyata, akan tetapi juga media sosial dukung mendukung tidak diperbolehkan seperti facebook, sebab hal itu nantinya akan mengundang suatu masalah di pekon itu sendiri.

“Apapun alasannya kakon tidak boleh ikut-ikutan, cukup netral saja. Baik langsung maupun di Media Sosial (Medsos),”tegasnya.

Meski begitu, mantan Kepala Pekon Belu ini melanjutkan, sejauh ini kepala pekon diketahui masih dalam kondisi netral, dan belum ada calon yang melapor tentang tidak kenetralan mereka.”Ya, kalau nantinya ada kakon yang tidak netral laporkan langsung ke saya, berikut barang bukti seperti foto atau video-nya,”ujarnya. Sementara itu, ketua Plh Apdesi Tanggamus, Munziri mendukung usulan dari ketua DPD Provinsi mengenai kakon harus netral. Sebab, kakon adalah melayani masyarakat bukan mengurusi politik.”Ya saya juga menghimbau agar kepala pekon se-tanggamus dapat netral selama pilkada Tanggamus ini,”tutupnya.(Zep) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here